Saturday, December 12, 2015

Filled Under: , , , ,

PENCEGAHAN SINDROM PADA PEREMPUAN SEBELUM MENSTRUASI



Banyak perempuan mengeluh tidak enak badan,perasaan sensitif,
Sakit perut, pusing, dan lesu, menjelang menstruasi. Keadaan itu di
Sebut premenstruasi sindrom. Berbagai keluhan itu sangat menggangu
Aktivitas. Lakukan pencegahan sebelum berbagai keluhan itu muncul.

rasa sakit sindrom

Premenstruasi sindrom adalah munculnya beberapa gejala menjelang menstruasi, seperti sakit perut, badan lesu, nafsu makan berkurang, mudah marah, kepala pusing, kaki terasa berat, dan payu dara bengkak.

Menurut penelitian 80 hingga 95 persen perempuan usia reproduksi mengalami keluhan itu menjelang menstruasi yang dapat menggangu konsentrasinya. Berbagai keluhan itu umumnya muncul secara teratur setiap bulanya, beberapa hari menjelang menstruasi tiba, dan akan hilang sendiri begitu menstruasi mulai terjadi. Namun, dapat pula berlanjut setelahnya hingga beberapa hari.

Keluhan bisa ringan, sedang dan hebat. Sekitar 14 persen perempuan antara usia 20-35 tahun, keluhan yang muncul bisa sangat hebat sehingga mengharuskan mereka beristirahat dari sekolah atau kantornya.

Menurut Dr sukrisno ahli kebidanan dan kandungan, penyebab munculnya berbagai keluhan menjelang menstruasi sebelum di ketahui dengan jelas. Beberapa teori menyebutkan antara lain karena faktor hormonal, yakni ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesterone. Teori lain bilang karena hormon esterogen yang berlebihan. Di dalam tubuh wanita usia subur, saat menjelang menstruasi terjadi peningkatan kedua hormon itu.Peningkatan hormon  esterogen akan merangsang sel sel otak. Keadaan ini membuat kejiwaan perempuan labil, yakni sangat sensitif, sering uring uringan, dan gampang marah.

MENGGANGGU AKTIVITAS
Pada prinsipnya, gangguan ini terbagi menjadi dua, ringan dan berat. Yang ringan, keluhan biasanya berupa badan lemas, payudara bengkak, nafsu makan turun, dan sedikit peningkatan suhu tubuh. Sedangkan yang berat, selain adanya keluhan ringan seperti itu juga  di sertai keluhan lain berupa tidak bisa berkonsentrasi, sakit kepala, kaki bengkak, sakit perut dan banyak keluar keringat dingin.

Sakit perut yang muncul sangat luar biasa, terasa seperti di iris iris. Karena menahan rasa sakit terkadang penderita sulit berjalan. Aktivitasnya juga terganggu. Di Amerika Serikat di laporkan angka bolos kerja akibat premenstruasi sindrom cukup tinggi hal itu jelas menurunkan produktivita kerja. Dampak dari sakit perut bukan hanya itu. Karena menahan sakit perut yang cukup lama, beberapa penderita malahan pernah ada yang sampai pingsan.

Di Indonesia belum ada data resmi tentang penderita premenstruasi sindrom. Di Amerika Serikat dari seluruh wanita usia produktif di laporkan 80 persen menderita premenstruasi sindrom gejala ringan, 10 persen berat, 10 tanpa ada keluhan.

LAKUKAN PENCEGAHAN
Pencegahan premenstruasi sindrom dapat di lakukan melalui diet yang tepat dengan memerhatikan hal hal sebagai berikut.
= Batasi konsumsi makanan tinggi gula, tinggi garam, daging merah (sapi dan kambing), alcohol, kopi,
   Teh, cokelat, serta minuman bersoda.
= Kurangi rokok atau berhenti merokok
= Batasi konsumsi protein (sebaiknya sebanyak 1,5 gr/kg berat badab perorang)
= Batasi makanan produk susu dan olahanya (keju, es krim, dan lainya) dan gunakan kedelai sebagai
   Penggantinya.
= Batasi konsumsi lemak dari bahan hewani dan lemak dari makanan yang di goreng
= Tingkatkan konsumsi sayuran hijau
= Tingkatkan konsumsi ikan, ayam, kacang kacangan, dan biji bijian sebagai sumber protein
= Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial linoleat seperti minyak
   bunga matahari, minyak sayuran.
= Tingkatkan konsumsi vitamin B komfleks terutama vitamin B6, vitamin E, kalsium, maknesium
   juga Omega-6.

sakit kepala karna sindromDisamping diet, perhatiak pula hal hal berikut ini untuk mencegah munculnya premenstruasi sindrom, antara lain.

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara teratur
Jenis olahraga silahkan pilih sesuai kesukaan. Yang penting dilakukan secara teratur, misalnya dua hari sekali. Saat latihan jangan berlebihan. Secukupnya saja, tetapi cukup mengeluarkan keringan.

Menghindari stress
Dengan cara tidak terlalu berat memikirkan sesuatu. Katakanlah, pekerjaan cukup berat, maka jangan terlalu dipikirkan. Kerjakan pekerjaan denagan sungguh sungguh dan terencana menurut sekala proritas. Dengan cara seperti itu, pekerjaan akan dapat di selesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Menjaga berat badan tetap ideal
Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penderita premenstruasi sindrom. Agar berat badan tetap setabil, kendalikan makanan, hindari makanan dalam jumblah besar. Makanlah secukupnya tetapi mencukupi kebutuhan tubuh, juga hindari ngemil saat sedang bekerja, nonton tv, atau saat melakukan aktivitas apapun.







                                         =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=






0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.