Friday, August 19, 2016

Filled Under: ,

Cara Mengatasi Anak Suka Berbohong

Sebagian besar anak-anak berbohong di beberapa titik, tetapi dapat menjadi kejutan pertama kali Anda mendengar anak Anda berbohong. Belajar bagaimana berbohong adalah bagian dari perkembangan anak - tapi begitu adalah belajar untuk mengatakan yang sebenarnya. Berikut adalah cara mengatasi anak suka berbohong dan untuk memberikan anak Anda pesan bahwa kejujuran adalah penting.
anak berbohongMengapa anak berbohong?
Ketika anak-anak mulai berbohong?
Mendorong anak-anak untuk mengatakan yang sebenarnya
Bagaimana menangani anak berbohong dan kebohongan yang disengaja
Apa yang harus dilakukan ketika anak-anak berbohong
Berbohong tentang penyalahgunaan dan masalah serius lainnya
kebohongan putih
Mengapa anak berbohong?

Anak-Anak Mungkin Berbohong:
Menutupi sesuatu sehingga mereka tidak mendapat kesulitan
Melihat bagaimana Anda akan merespon ketika Anda mendengar mereka berbohong
Membuat cerita mereka lebih menarik atau membuat diri mereka terdengar lebih baik
Mendapatkan perhatian, bahkan ketika mereka tahu Anda tahu yang sebenarnya
Mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan - misalnya, berkata kepada nenek.

Ketika Anak-Anak Mulai Berbohong?
Anak-anak dapat belajar untuk berbohong sejak usia dini, biasanya sekitar tiga tahun. Ini adalah ketika anak Anda mulai menyadari bahwa Anda bukan pembaca pikiran, sehingga ia bisa mengatakan hal-hal yang tidak benar tanpa Anda selalu mengetahui.

Anak berbohong lebih pada 4-6 tahun. Anak Anda mungkin lebih sering berbohong dengan mencocokkan ekspresi wajah dan nada suaranya untuk apa yang dia katakan. Jika Anda meminta dia untuk menjelaskan apa yang dia katakan, dia biasanya akan memiliki alasan yang banyak.

Ketika anak-anak mencapai usia sekolah, mereka mungkin berbohong lebih sering dan bisa lebih baik berbohong. Kebohongan juga mendapatkan lebih rumit, karena anak Anda memiliki lebih banyak kata dan lebih baik untuk memahami bagaimana orang lain berpikir.

Mendorong Anak-Anak Untuk Mengatakan Yang Sebenarnya
Setelah anak-anak tumbuh cukup tua untuk memahami perbedaan antara benar dan tidak benar, itu baik untuk mendorong dan mendukung mereka dalam mengatakan yang sebenarnya.

Anda dapat melakukan ini dengan menekankan pentingnya kejujuran dalam keluarga Anda dan memuji anak Anda untuk kejujuran.
Anda juga dapat meberikan penjelasan tentang kejujuran dengan mengatakan anak Anda bahwa Anda tidak suka kalau dia berbohong kepada Anda. Misalnya, Anda bisa mencoba mengatakan sesuatu seperti, 'Bila Anda tidak mengatakan yang sebenarnya, saya merasa sedih dan kecewa'.

Tips Untuk Mendorong Kejujuran
Berikut adalah beberapa tips untuk mendorong anak Anda untuk jujur dan mengatakan yang sebenarnya:

Jika anak Anda adalah membuat cerita tentang sesuatu, Anda dapat merespon dengan mengatakan sesuatu seperti, "Itu cerita yang hebat - kita bisa membuatnya menjadi sebuah buku '. Ini mendorong imajinasi anak Anda tanpa mendorong berbohong.
Membantu anak Anda menghindari situasi di mana dia merasa dia perlu berbohong. Misalnya, jika anak Anda telah menumpahkan susu dan Anda bertanya apakah dia melakukannya, dia mungkin merasa tergoda untuk berbohong. Untuk menghindari situasi ini Anda hanya bisa mengatakan, "Saya melihat secangkir susu sudah tumpah. Mari kita membersihkannya '.
Cerita  ini yang membual bisa menjadi cara anak mendapatkan kekaguman atau penghargaan dari orang lain. Jika hal ini terjadi sering dengan anak Anda, cobalah memuji anak Anda lebih - misalnya, ketika ia belajar sesuatu yang baru. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan harga diri anak Anda.
Pastikan bahwa Anda memiliki aturan yang jelas dan konsekuensi tentang apa perilaku yang dapat diterima dalam keluarga Anda.

Ketika anak Anda memiliki hingga melakukan sesuatu yang salah, memuji dia untuk bersikap jujur. Mengatakan hal-hal seperti, "Aku benar-benar senang kamu mengatakan kepada saya kebenaran. Aku suka kalau kamu jujur '. Ini mengirimkan pesan bahwa Anda tidak akan marah jika anak Anda memiliki sesuatu.

Cobalah membaca buku atau bercerita yang menyoroti pentingnya kejujuran. Misalnya, pinokio, yang setiap berbohong hidungnya makin panjang memberikan contoh yang baik bagaimana berbohong dapat bekerja melawan Anda.

Anak-anak suka membuat hal-hal. Mereka membesar-besarkan cerita untuk memberi mereka sedikit lebih 'rasa'. Berpura-pura dan membayangkan yang penting untuk perkembangan anak Anda, dan itu baik untuk mendorong semacam ini bermain. 'Jangkung cerita' tidak perlu diperlakukan sebagai kebohongan, terutama untuk anak-anak di bawah empat tahun.

Bagaimana Menangani Anak Berbohong Dan Kebohongan Yang Disengaja
Jika anak Anda mengatakan kebohongan yang disengaja, langkah pertama adalah untuk membiarkan dia tahu bahwa berbohong tidak OK. Menjelaskan mengapa dan biarkan anak Anda tahu bahwa Anda mungkin tidak bisa mempercayai dia di masa untuk kedepanya.

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan konsekuensi yang sesuai. Misalnya, jika anak Anda menggambar di dinding dan kemudian berbohong tentang hal itu, menyuruh dia untuk membantu Anda membersihkannya.

Sangat penting untuk menangani secara terpisah dengan kebohongan dan perilaku yang mengarah ke sana. Jika anak Anda berbohong untuk mendapatkan perhatian Anda, pertimbangkan cara yang lebih positif Anda bisa memberikan perhatian kepadanya. Jika dia berbohong untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan - misalnya, sebuah buku baru - mempertimbangkan sistem reward yang memungkinkan dia mendapatkan itu.

Anda juga mungkin perlu melihat perubahan lingkungan anak Anda untuk membantu dia menghindari situasi di mana dia merasa perlu untuk berbohong.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Anak-Anak Berbohong

Saat anak-anak yang suka bebohong bisa menjadi kebiasaan.

Jika anak Anda berbohong lebih sering, itu ide yang baik untuk berbicara dengan tenang tentang masalah dengan anak Anda. Cobalah membuat waktu untuk berbicara, dan kemudian memberitahu anak Anda bagaimana berbohong padanya membuat Anda merasa, bagaimana hal itu mempengaruhi hubungan Anda dengan dia, dan apa yang mungkin terjadi jika keluarga dan teman-teman berhenti percaya padanya.

Selalu katakan pada anak Anda ketika Anda tahu pasti bahwa dia tidak mengatakan yang sebenarnya. Anak Anda perlu tahu bahwa kejujuran adalah penting bagi Anda. Tetapi cobalah untuk menghindari meminta dia sepanjang waktu jika dia mengatakan yang sebenarnya.

Mungkin tampak seperti tidak peduli apa yang Anda lakukan, anak Anda terus berbohong. Tetapi jika Anda terus memuji anak Anda untuk mengatakan yang sebenarnya dan juga menggunakan konsekuensi untuk berbohong, anak Anda cenderung untuk berbohong saat ia menjadi lebih tua. Mungkin butuh sampai anak Anda tujuh tahun atau lebih tua.

Hal ini juga mungkin membantu untuk mengetahui bahwa anak-anak dari segala usia yang memiliki komunikasi yang baik dengan orang tua mereka dan berbicara dengan mereka tentang apa yang mereka lakukan cenderung terlibat dalam perilaku antisosial.

Beberapa anak, terutama yang lebih dari tujuh tahun, mungkin sering berbohong sebagai bagian dari pola yang lebih besar dari perilaku yang lebih serius, negatif atau bahkan ilegal seperti mencuri, menyalakan api atau menyakiti hewan. Jika anak Anda terlibat dalam perilaku semacam ini, berpikir tentang mendapatkan bantuan profesional dari seorang konselor sekolah atau psikolog.

Berbohong Tentang Penyalahgunaan Dan Masalah Serius Lainnya
Kadang-kadang anak-anak berbohong untuk menjaga rahasia atau untuk melindungi seseorang. Misalnya, seorang anak yang telah disalahgunakan oleh orang dewasa akan sering berbohong untuk melindungi orang dewasa itu. Seringkali anak takut bahwa dia akan dihukum jika ia mengatakan.

Inilah yang harus dilakukan jika Anda mencurigai anak Anda berbohong tentang sesuatu yang serius:

Berikan anak Anda banyak jaminan bahwa dia akan aman jika dia mengatakan kebenaran.
Lakukan yang terbaik untuk meyakinkan anak Anda bahwa Anda dapat membuat hal-hal yang lebih baik.
Jika Anda khawatir tentang keselamatan atau kesejahteraan anak Anda, mencari bantuan profesional sesegera mungkin.

Kebohongan Putih
Kebohongan putih' adalah kebohongan berbahaya yang mengatakan dengan niat yang baik - biasanya untuk melindungi perasaan orang lain.

Misalnya, sebelum anak Anda mendapat hadiah, Anda mungkin mendorong dia untuk mengatakan dia suka. Dalam situasi ini, beberapa anak masih akan mengatakan yang sebenarnya ( "Aku tidak menyukainya!") Bahkan jika mereka memahami bahwa ini mungkin menyakiti perasaan seseorang. Hal ini mungkin karena anak-anak usia ini dan tahap lebih terfokus pada perkembangan moral, yang mendorong pengungkapan kebenaran.

Saat anak-anak usia sekolah dasar, mereka menjadi lebih baik dalam menceritakan kebohongan putih. Oleh remaja, anak-anak secara teratur berbohong putih untuk melindungi perasaan teman-teman mereka '.

Orang Tua Berbohong Putih
Mengatakan anak Anda kebohongan putih bisa berbahaya. Beberapa kebohongan putih dapat membantu melindungi bersalah anak, mempromosikan pengembangan kreatif atau mengajari mereka keterampilan sosial yang penting.

Misalnya, Anda mungkin memberitahu anak Anda bahwa dekapan Anda memiliki kekuatan ajaib yang akan memperbaiki anak Anda ketika dia melukai dirinya sendiri. Beberapa orang tua suka bermain game seperti menemukan peri di taman.

Meskipun mereka tidak berbahaya, kebohongan putih tidak boleh digunakan terlalu sering. Perbedaan antara kebohongan putih dan kebohongan yang benar - salah satu yang dirancang untuk menghindari hukuman, misalnya - mungkin tidak seperti yang jelas untuk anak-anak. Anak-anak yang terbiasa mendengar kebohongan lebih mungkin untuk memberitahu terletak sendiri.

Kami sering tergoda untuk memberitahu anak-anak kebohongan putih untuk mengelola perilaku. Misalnya, Anda mungkin berkata, "Aku tidak bisa membeli mereka permen karena saya tidak membawa uang '. Ini mungkin bekerja sekali, tetapi juga dapat menjadi bumerang jika Anda terjebak keluar (dengan tas atau dompet penuh uang) dan menyebabkan argumen dan kurangnya kepercayaan.

BACA JUGA
-PENYEBAB BAYI DENGAN LAHIR CACAT
-CARA MEMILIKI KELUARGA BAHAGIA
-AKIBAT ANAK KECANDUAN BERMAIN GAME
-CARA MENCERDASKAN OTAK ANAK

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.