Thursday, October 22, 2015

Filled Under: ,

TIPS MENCAMPURKAN IKAN LAUT DAN IKAN TAWAR DALAM SATU AKUARIUM




Hidup bareng dalam satu akuarium caranya
Cukup mudah. Ikan laut di adaptasi dalam air
Tawar secara bertahap.

Tidak perlu menggunakan zat tertentu
ikan dalam akuariumTapi untuk mencoba pertama kali, sebaiknya memakai ikan laut yang hidup di muara. Karena lebih mudah adaptasinya. Jangan ikan yang berasal dari perairan laut dalam,papar Alfredo Gracea, hobiis ikan laut tomang. Pada prinsipnya, semua ikan laut bisa di adaptasi ke air tawar. Ia sendiri sudah mencoba menggabungkan ikan air laut dan ikan air tawar.

Yang harus di perhatikan, hindari menggunakan air PAM atau air berkaporit. Karena walaupun telah diaerasi selama 3 hari, menurut Edo, panggilanya, tetap saja ikan mati. Bagusnya air tanah atau air sumur. Kalau gak ada bisa memfaatkan air isi ulang, ucap Edo, memang, nantinya untuk memelihara kedua jenis ikan itu adalah air tawar. Karena yang menjalani proses adaptasi ikan air laut.

Sedikit Demi Sedikit
Ikan muara yang bisa beradaptasi dalam air tawar diantaranya mangrove jack, baronang, kerapu, dan betutu. Pertama, ikan laut itu di biarkan dulu selama 3 hari dalam air laut di rumah. Supaya ikan yang baru di datangkan dari laut itu tidak strees. Volume air laut itu hanya setengah isi wadah. Setiap hari di tambahkan air tawar sedikit demi sedikit. Setelah wadah itu penuh dengan air tawar dan air laut, kita buang lagi airnya setengah wadah. Lalu tambahkan lagi air tawar sedikit demi sedikit hingga air lautnya mendekati nol.

Jangan lupa, kira kira volume air tawarnya sudah 80 %, selama seminggu air jangan di tambah dulu. Maksutnya untuk menstabilkan tubuh ikan dulu. Selang seminggu, baru dimasukan lagi air tawar per gayung. Sampai air laut hampir tidak ada sama sekali. Rata rata proses adaptasinya perlu waktu dua minggu sampai sebulan. Ikan yang dulunya hidup di air asin kini bisa bersanding dengan saudaranya di air tawar.

Bila ingin menampilkan keindahan warna ikan laut, bisa ditambahkan sedikit air laut. Kira kira sekitar 2 % dari keseluruhan air yang ada. Bisa aja yang menggunakan 100% air tawar,tapi warna ikan laut menjadi kurang terang atau pucat. Pemberian air laut ini tidak ada hubunganya dengan kehidupan ikan laut di air tawar. Karena mereka sudah beradaptasi. Tapi untuk warna, mereka tetap membutuhkan air laut. Karena biar bagaimanapun, ikan tersebut berasal dari sana.
 
ikan kerapu
ikan kerapu
Pakan Jangan Terlambat
Untuk memelihara kedua kelompok ikan tersebut, Edo menggunakan akuarium ukuran 160cm x 80cm x 80cm. Pertama tama, masukan dulu ikan air tawar, diantaranya belida, hampala, tawes kuning, dan botia Sumatra. Setelah itu, baru masukan ikan air laut yang sudah di adaptasikan. Sebenarnya, bisa saja ikan laut yang duluan, tapi saya lebih enak memasukan ikan air tawarnya terlebih dulu, jelas Edo.

Yang harus di perhatikan, pemberian makan tidak boleh terlambat. Edo biasa menyuguhkan ikan ikan kecil. Mcam ikan mas, kumpai, dan udang. Kalau terlambat makan, biasanya ikan laut tersebut akan menyerang ikan air tawar. Tiga hari sekali ia memasukan  ikan kecil dan udang ke dalam akuarium. Jumblah makanan yang di berikan tergantung jumblah ikan yang di pelihara. Selain mudah perawatanya, ada kepuasan batin menikmati indahnya ikan laut di rumah.
Anda pun bisa mencobanya.




                                                   =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=




0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.