Wednesday, October 21, 2015

Filled Under: , , ,

BUNGA KOL TURUNKAN KOLESTROL DAN GULA DARAH




Di daerah tropika,kubis bunga (Brassica Olearacea  var,botrytis ) seperti kubis daun atau kubis krop ((Brassica Olearacea  var,capitata ) dikenal sebagai sayuran dataran tinggi. Petani kita menanamnya di dataran tinggi, 600-1000 m di atas permukaan laut. Kini  kol atau kubis bunga sudah di budidayakan di dataran rendah. Bahkan sayuran ini tumbuh bagus di Patrol, Indramayu, Jawa barat yang berdataran rendah.
 
sayuran bermanfaat
BUNGA KOL
Istilah bunga kol merupakan terjemahan harafiah dari ‘bloemkool’ ( bahasa belanda ) sosoknya mirip brokoli. Perbedaanya, bunga kubis mememiliki banyak kepala bunga yang tersusun rapi, padat, berdaging tebal, bertangkai pendek, berwarna putih atau kuning. Kepala kenbang kol yang lazim di makan ini juga tersebut whte curd . Pada dasar kepala terdapat daun hijau 
tebal dan tersusun rapat.

MANFAAT DAN KHASIAT
Kembang kol merupakan sayuran rendah kalori dan berserat tinggi, kaya vitamin C, folacin dan fotassium. Karena itu bunga kol di kenal sebagai sumber vitamin dan mineral. Biasa di santap setelah di masak. Misalnya untuk campuran masakan cap cay, sup, tumis, dan lainya. Meski dapat pula di santap mentah atau di jadikan acar.

Secara umum, bunga kol  memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Antara lain, untuk mengurangi lemak, membersihkan usus, menurunkan resiko kanker prostat, kanker usus dan kanker perut. Juga menurunkan kolestrol dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat baik bagi penderita kencing manis.

Berdasar laporan departemen pertanian Amerika Serikat (USDA) Secangkir kembang kol mentah dapat memasok 77 persen vitamin C bagi orang dewasa. Bunga kol juga merupakan  sumber penting protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan zink, serta sangat baik sebagai sumber serat makanan, vitamin B6, asam folat, asam patotenat, dan kalium. Sayur ini mengandung sedikit lemak jenuh dan sangat sedikit kolestrol ( kurang dari 1Gram per kg)

Meskipun bergizi, sebagaimana kubis kubisan yang lain, bunga kol mengandung zat antigizi pula ( goitterogen , pembangkit kembung ) Sehingga perlu di pertimbangkan pembatasan konsumsinya. Perlu di perhatikan, bunga kol yang mengandung potassium, fosfor, dan belerang dan 90 persen air yang mengandung protein, kalau di makan terlampau banyak dapat menganggu ginjal.

                           KANDUNGAN GIZI BUNGA KOL
                          Energi                         25,00 kal
                             Protein                        2,10 g
                                Lemak                        0,30 g
                                  Karbohidrat              5,20 g
                                    Kalsium                     41,00 mg
                                      Fosfor                      42,00 mg
                                        Serat                             0,90 g
                                           Besi                          1,10 g
                                             Vitamin A               23,00 re
                                               Vitamin B1            0,04 mg
                                                 Vitamin B2           0,12 mg
                                                   Vitamin C             82,00 mg
                                                     Niacin                   0,70 mg                    


Terimakasi saya ucapkan kepada pengunjung atau pembaca di artikel ini semoga dapat bermanfaat dari artikel artikel yang saya tulis ini.




                                         =SEKINAN DAN TERIMAKASIH=



0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.