Sunday, October 25, 2015

Filled Under: , , ,

OPTIMALKAN KERJA OTAK DENGAN SAYUR DAN BUAH BERWARNA



Buat para ibu hamil, konsumsilah sesering mungkin
Sayur dan buah berwarna untuk memacu perkembangan
Otak anak.

Berbagai riset di bidang prenatal menyebutkan bahwa 50% otak bayi berkembang semasa berada dalam kandungan sampai usia 9 bulan 10 hari. Pada masa priode emas kedua, pada usia 0-3 tahun, otak kembali mengalami penambahan perkembangan 30%. Ketika seorang bocah mencapai usia 12-13 tahun otaknya sudah 90% sempurna dan menjadi lengkap 100% pada masa remaja dan dewasa. Tak hanya karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral saja yang di butuhkan untuk perkembangan dan pemeliharaan otak, tapi juga fitokimia yang ada dalam sayur dan buah.

Fitokimia merupakan zat kimia dari tumbuhan. Secara umum, fitokimia berfungsi sebagai pelindung sel tubuh dan sel otak dari proses oksidasi. Dengan perlindungan itu, memori dalam sel otak dapat tersimpan lebih lama dan otak tidak mengalami gangguan penyampaian pesan.

buah dan sayurKandungan Fitokimia
Warna warni  sayur dan buah mencerminkan kandungan fitokimia di dalamnya. Contoh, jagung, wortel berwarna kuning jingga. Sayuran ini mengandung fitokimia karoten dan betakaroten yang merupakan cikal bakal vitamin A. Selain itu juga mengandung likopen. Tomat kaya akan likopen mecapai 56,6% dari total karetonoid. Pada semangka,  kandungan likopenya sekitar 4,100 mikrogram per 100 gram daging buah. Sedangkan pada jambu biji , kadar likopenya mencapai 5,200 mikrogram per 100 gram buah.

Likopen dan karoten berfungsi sebagai antioksidan, yang berfungsi menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan ini juga dibutuhkan untuk melindungi sel sel otak dari oksidasi. Sehingga sel sel otak kita segar terus.

Selain itu juga ada klorofil, pikmen warna, yang terdapat pada sayuran dan buah buahan berwarna hijau, macam alpukat, pir hijau, kiwi, dan melon. Sayuran hijau meliputi, bayam, daun katuk, oyong, dan sawi. Asam nukleat dan asam amino yang ada pada klorofil bisa memenuhi kebutuhan otak akan protein. Terutama pada bagian otak yang mengontrol pikiran dan emosi fositif (neuropeptida). Klorofil di dalam tubuh fungsinya hampir sama dengan hemoglobin di dalam sel darah merah. Yaitu membawa oksigen ke dalam sel sel dan jaringan tubuh, termasuk otak. Ini lantaran klorofil mempunyai kesamaan struktur dengan hemoglobin. Dengan tercukupinya oksigen di dalam otak, maka kerja otak akan lebih optimal.

Fitokimia antosianin dalam sayur maupun buah berwarna ungu juga berfungsi sebagai bahan aktif untuk melindungi tubuh. Antosianin dalam blueberry paling baik untuk mencegah gangguan pada system saraf dan trauma otak. Sedangkan antosianin pada buah bit bisa melindungi membrane otak. Hal yang sama juga berlaku untuk pigmen warna lain pada tanaman berwarna biru, putih dan hitam.

Metabolisme Lebih Baik
Selain mengandung pigmen warna, pada sayuran dan buah juga berisi beragam unsur gizi lain. Seperti vitamin, karbohidrat, protein, dan lemak. Seperti kita ketahui, otak terdiri dari 50% protein dan 50% lemak. Ada juga karbohidrat sebagai sumber energy  berupa glukosa untuk aktivitas otak. Yang merubah karbohidrat menjadi energy di otak adalah vitamin B komplet. Agar vitamin itu tidak mudah teroksidasi maka di lindungi oleh isoflavon, komponen bioaktif yang banyak terdapat pada kacang kacangan.

Protein sendiri tersusun atas beberapa unit asam amino. Terutama asam amino asensial. Seperti leucine lysine sampai tyrosine dan tryiptophan. Dua jenis asam amino ini di otak di ubah menjadi neurotransmitter yaitu sel sel penting pembawa pesan di otak. Dengan asupan bebagai vitamin dan mineral dari sayuran dan buah berwarna, metabolism protein dalam tubuh menjadi lebih baik. Dan pesan lebih mudah di sampaikan, dan berkesinambungan sevara efektif, sehingga otak kita bekerja secara optimal. Kalau otak kita bekerja secara optional, maka orang bilang otak kita cerdas atau pintar.

Mau pintar ? Konsumsi sayuran dan buah berwarna.




                                                    =SEKIAN DAN TERIMAKASI=





0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.