Friday, December 11, 2015

Filled Under: , ,

WASPADAI INTERNET JADI MEDIA PENYEBARAN TERORISME



terorisme mediaBadan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mewaspadai internet menjadi media propaganda penyebaran paham radikalisme dan terorisme. Mereka memanfaatkan dunia maya karena biaya kecil tetapi jangkauan luas. Jadi dengan mudah, sekali klik saja, orang bisa mendapatkan informasi banyak dan mereka memanfaatkan itu ( dunia maya) mencari kelompok baru dan mengajak orang masuk ke kelompok itu. Kata sekretaris utama BNPT Abdurrahman Kadir saat menghadiri lokakarya program damai di dunia maya.

Menurutnya, Negara Negara di dunia tak terkecuali Indonesia menghadapi tantangan baru terorisme yang memanfaatkan  teknologi informasi itu yang di salah gunakan kelompok kecil tersebut. Ia menyebutkan, dunia maya di gunakan sebagai sarana propaganda, rekrutmen dan pembinaan jaringan melalui jaringan internet.

Laman yang di miliki kelompok teroris, katanya, dari tahun ketahun juga meningkat yang saat ini sudah mencapai lebih dari 9.800 laman. Penyebaran paham tersebut, katanya, juga semakin bertambah mulai dari pembuatan laman. Forum diskusi atau chatroom hingga menggunakan media social seperti situs bebagi video gratisan seperti youtube, situs jejaring sosial pertemanan facebook, twitter dan media sosial lainya.

terorisPerambahan dari sekadar website ke media sosial menujukkan pola dinamis yang di kembangkan kelompok teroris untuk selalu mengikuti perkembangan dan trend teknologi dan informasi, katanya. Kadir menjelaskan, berdasarkan hasil survey yang di lakukan asosiasi penyedia jasa internet Indonesia pada 2015 menyebutkan bahwa pengguna internet tanah air pada 2014 sebanyak 88,1 juta penduduk atau 34,9 persen dari jumblah penduduk Indonesia.

Angka yang besar tersebut menjadi sangat rentan akan pengaruh paham radikal dan terorisme melalui dunia maya, katanya.

Sementara itu, pengguna internet sebagian besar merupakan generasi muda berusia produktif yang juga rentan di pengaruhi konten negatif dari situs situs yang tidak jelas itu. Makanya kami melakukan pencegahan ini dengan mengajak masyarakat umum dan generasi muda untuk bersama menyemarakan dunia maya ini dengan penuh kedamaian, ucapnya.







                                                  =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=






0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.