Friday, December 18, 2015

Filled Under: , ,

PENGERTIAN NARKOTIK DAN PENGARUHNYA BAGI SISTEM SARAF



Narkotik berasal dari istilah narkose artinya menidurkan atau membius. Dalam bahasa inggris yaitu narcotics artinya sama dengan narcosis atau narkose yaitu obat bius membiuskan Smith Kline dan French Clinical Staff memberikan arti tentang narkotik yaitu : Zat zat  atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan dikarenakan zat zat tersebut bekerja mempengaruhi susunan saraf pusat. Disini sudah termasuk jenis candu, zat zat yang dibuat dari candu ( morphine, codein, heroin ) dari narkotik synthesis ( meperidin, methadone).

pengertian dan pengaruh obat obatan terlarang

Sedangkan Biro Bea dan Cukai Amerika Serikat mendefinisikan bahwa yang dimaksut narkotik adalah candu, ganja, cocaine, zat zat yang bahan mentahnya diambil dari beda benda tersebut yakni morphine, heroin, codein,hashish, cocain, dan termasuk juga narkotik synthesis.

Berdasarkan kedua pengertian tersebut maka dapat lebih dipahami bahwa, narkotik akan mempengaruhi susunan saraf pusat. Jadi seseorang akan mengalami rasa ketidak sadaran bila mempergunakanya karena system sarafnya terganggu. Dapat di bayangkan betapa bahayanya bila zat narkotik tersebut di salahgunakan tanpa mengetahui berapa dosis aman atau berbahaya, dus dan digunakan secara terus menerus. Padahal tubuh mempunyai daya resistensi yang mengakibatkan dosis semakin lama semakin meningkat, efek yang paling buruk adalah rusaknya organ lain seperti ginjal, hati dan jantung dimana benda haram tersebut akan menjadi pembunuh.

Jenis jenis Narkotik
Narkotik dapat digolongkan menjadi
1.       Narkotik alam
2.       Narkotik synthesis
Yang termasuk narkotik alam adalah : ganja, candu, cocain, hashish, morphine, heroin, codein.

Sedangkan yang termasuk narkotik synthesis yaitu yang oleh pemerintah RI melalui mentri kesehatan telah dinyatakan sebagai narkotik karena mempunyai efek yang sama dengan narkotik dari bahan bahan tanaman seperti di atas. Jenis narkotik synthesis ini adalah pethidine dan methadone.

Disamping kedua narkotik di atas ada juga narkotik yang sebenarnya khusus sudah berbentuk obat obatan, tetapi oleh para remaja obat obatan ini telah banyak disalahgunakan, karena mempunyai efek yang sama dengan narkotik alam ataupun narkotik synthesis. Narkotik yang bebentuk obat obatan ini di sebut psikotropika.

Berdasarkan efek terhadap susunan saraf pusat, psikotropika ini dapat digolongkan menjadi:
1.Stimulant yaitu golongan obat obatan yang dapat menimbulkan rangsangan, maka disebut obat
   Perangsang misalnya amphetamine dan metamphemine.
2.Depressant, yaitu obat obatan yang dapat menimbulkan halusinasi atau khayalan khayalan atau sering
   Disebut obat penenang atau obat tidur.
3.Hallucinogen, adalah jenis obat yang dapat menimbulkan halusinasi atau khayalan khayalan semua.

obat obatan terlarang

Barang terlarang yang lazimnya berbentuk tablet sekarang digemari adalah jenis extasi dan sabu sabu, karena beredarnya bukan berupa obat, melainkan di oplos oleh para Bandar atau mafia dari bahan bahan bukan alam berarti ternasuk narkotik synthesis.

Pengaruh buruk penyalagunaan narkotik
Dalam dunia medis maupun ilmu pengetahuan narkotik tersebut akan memanfaatkan, tetapi apabila  disalagunakan untuk memperoleh kesenangan semua, berarti mempertaruhkan masa depan bahkan kemungkinan besar jiwa dan raga juga di korbankan.

Penyalahgunaan obat maupun  penggunaan narkotik secara illegal yang sangat membahayakan adalah bila sudah dalam fase ketergantungan yaitu tubuh harus selalu di berikan obat atau narkotik, dimana dosis harus selalu ditingkatkan, bila tidak disediakan atau tidak terpenuhi kebutuhanya akan narkotik tersebut maka tubuh akan mengalami apa yang disebut Withdrawal  yaitu keadaan yang sangat serius dan krisis baik secara jasmani maupun rohani karena putus obat, dalam kondisi seperti inilah seorang pecandu akan menyerahkan apa saja yang di punyai, bahkan tidak jarang bila narkotik sulit didapat dan putus asa maka pecandu akan bunuh diri.







                                                  =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=







0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.