Saturday, December 19, 2015

Filled Under: , ,

BAHAYANYA MINUM OBAT KARENA OBAT DASARNYA ADALAH RACUN



minum obat tidak teraturObat pada dasarnya adalah racun, maka penggunaanya harus memperhatikan, aturan pakai, takaran (dosis), efek samping, batas waktu kegunaanya (kadaluwarsa) supaya aman bagi pengguna. Sebab, obat ditemukan oleh ahli dengan maksut untuk menyembuhkan penyakit, tetapi bila penggunaanya tidak memperhatikan tata cara atau hal hal seperti tersebut diatas, maka obat bukan menyembuhkan penyakit tetapi justru sebaliknya dapat membunuh, baik seketika maupun dalam jangka waktu lama.

Obat obat yang masuk ke dalam tubuh akan di suplai melalui darah keseluruh tubuh lewat ginjal dan hati, walaupun obat di gunakan melalui tata cara yang benar, tetapi bila di gunakan terlalu sering dan dalam waktu yang cukup lama, maka bukan tidak mungkin obat yang di pergunakan tersebut akan berdampak dapat beresiko tinggi rusaknya organ vital seperti ginjal dan hati bahkan organ vital lainya seperti jantung, syaraf, alat pernafasan, alat pencernaan dan sebagainya.

Prinsip prinsip penggunakan obat
Mengobati suatu penyakit supaya cepat senbuh dan aman, maka harus memperhatikan tiga hal di bawah ini.
1.Diagnosis yang tepat
2.Obat yang digunakan harus tepat
3.Dosisi juga harus tepat

Tetapi bila pedoman bahwa, disamping obat berkasiat bagi penyembuhan suatu penyakit, dan obat juga sebagai pembunuh atau dapat merusak organ organ tubuh, maka dalam penggunaan obat juga harus mempertimbangkan prinsip prinsip di bawah.

Gunakan obat bila man perlu
Tubuh manusia secara alami sudah di bekali berbagai macam kekebalan untuk melawan penyakit, karena saat tubuh kemasukan bibit penyakit segera tubuh tersebut akan membentu zat antibody pada darah putih untuk melawan bibit penyakit. Bila darah putih yang berisikan zat antibody tersebut tidak mampu melawan bibit penyakit maka seseorang akan jatuh sakit dan pada saat sakit pun tubuh akan erus mengadakan perlawanan, saat jatuh sakit inilah bantuan dari luar berupa obat akan di perlukan untuk menyembuhkan penyakit atau paling tidak mengurangi rasa sakit. Tetapi bila darah putih yang berisi zat anti penyakit tersebut mampu mengalahkan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh, maka seseorang tidak perlu mendapat bantuan berupa obat dari luar, hal inilah yang di sebut kekebalan tubuh.

minum obat debgan teraturMencegah lebih baik dari pada mengobati
Diatas telah dikatakan bahwa kekebalan tubuh secara alami dapat melawan bibit penyakit bila daya tahan tubuh baik, meningkatkan daya tahan tubuh merupkan salah satu usaha pencegahan terhadap penyakit.
Adapun usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya kuat (tidak mudah sakit) di antaranya adalah. Mengonsumsi gizi yang baik, hidup teratur dan istirahat yang cukup, menjaga kebersihan, berolahraga secara rutin dan teratur.

Gunakan obat sesuai aturan
Kalau seseorang jatuh sakit hal ini berarti tubuh sudah tidak mampu melawan bibit penyakit yang menjadikan ia sakit, tindakan yang paling bijak sana adalah segera berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Setelah mendapatkan obat dari dokter maka harus mematuhi segala perintah dokter dalam menggunaan obat maupun makanan yang harus di hindarkan serta hal hal yang mungkin di hindarkan supaya badan segera kembali sehat.

Dosis adalah takaran yang di perkirakan aman bagi pemakai penggunaan obat tertentu berdasarkan umur, berat badan ataupun pertimbangan lain ( misalnya penyakit yang di anggap resistan maka dosis perlu di pertimbangkan). Pertimbangan dalam menentukan dosis adalah, tinggkatan umur, seperti dewasa, anal anak, balita ( dibawah lima tahun). Berat badan, walaupun umurnya sama berat badan juga perlu di pertimbangkan, perlu di ketahui bahwa pemberian dosis harus tepat, karena bila kurang penyakit tidak sembuh tetapi bila lebih dapat berakibat keracunan.








                                                   =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=



0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.