Wednesday, December 23, 2015

Filled Under: , , ,

Menciptakan Kehidupan Keluarga Bahagia Dan Sejahtra



Memahami arti kehidupan berkelurga
Yang baik, sejahtra dan berencana.

A.Keluarga sejahtra
Yang dimaksut sejahtra adalah kebahagiaan atau kepuasan karena terpenuhinya kebutuhan lahiriah. Jadi bila seseorang meningkat kesejahtraanya berarti hidupnya semakin bahagia karena ekonominya semakin membaik. Keluarga sejahtra adalah keluarga yang serba berkecukupan, karena segala kebutuhan dapat terpenuhi sehingga keluarga tersebut merasa bahagia.

Sebagai contoh/gambaran keluarga sejahtra misalnya pasangan suami istri hidupnya berkecukupan karena sang suami bekerja di suatu perusahaan denagn gaji yang mencukupi, atau satu keluarga dengan toko kelontongnya maju pesat sehingga setiap 3-5 tahun akan membuka cabang, atau mungkin keluarga yang lain membuka pertanian atau perikanan yang sukses dan sebagainya.
keluarga bahagia

Keluarga sejahtra merupakan idaman bagi setiap pasangan suami istri, maka dalam upaya pencapaian suatu cita cita mulia yaitu menempuh kehidupan yang sejahtra, bagi para calon pasangan suami istri harus mempunyai bekal kehidupan. Adapun yang di maksut bekal kehidupan yaitu penguasaan bidang tertentu yang dapat di andalkan untuk kehidupan mandiri menuju keluarga sejahtra. Penguasaan bidang tertentu misalnya ahli teknologi computer ahli kesehatan dan banyak ragam bidang bidang lainya.

b.Keluarga bahagia
Keluarga bahagia juga menjadi idaman setiap pasangan dalam keluarga, walaupun penghasilan bisa dikatakan pas pasan tetapi kehidupanya tidak pernah merasa kekurangan suatu apapun,rumah sederhana, pakaian sederhana, tetapi anak anak tumbuh sehat cerdas dan pandai, jadi  dengan segala kesederhanaanya batin merasa tentram, aman dan bahagia.

Jadi keluarga bahagia adalah keluarga yang dengan segala keadaanya sangan merasa puas, tentram, aman dan nyaman. Karena walaupun ada kekuranganya tetapi yang dilihat adalah hanya kelebihanya.

Disamping itu sikap seperti : pandai mensyukuri nikmat tuhan, tidak selalu melihat keatas, menjadi penyabar, selalu membuat kebajikan, suka menolong sesame, tekun melaksanakan perintah agama dan sikap sikap serupa lainya, juga akan mempengaruhi kebahagiaan dalam keluarga.

c.Keluarga ideal
Keluarga yang ideal adalah keluarga disamping bahagia juga sejahtra, raihlah kebahagiaan untuk menuju keluarga sejahtra dan raihlah keluarga kesejahtraan untuk kebahagiaan keluarga.

d.Keluarga berencana
Pemerintah Orde Baru mulai pelita 1 pada pembangunan jangka panjang 1 telah melaksanakan program keluarga berencana (KB).  Program KB di Indonesia termasuk berhasil, karena bisa menekan pertumbuhan penduduk dimana Indonesia termasuk mempunyai pertumbuhan penduduk cukup tinggi. Yaitu sekitar 2% per tahunya.

Tingkat kelahiran yang tingi dan angka kematian yang semakin berkurang akibat meningkatnya derajat kesehatan masyarakat adalah penyebab utama laju pertumbuhan penduduk di Indonsia yang tergolong tinggi. Bila pertumbuhan penduduk 2% per tahun, maka setiap tahun penduduk Indonesia akan bertambah sekitar 3 juta jiwa, tiap bulan berarti bertambah ¼ juta jiwa dan tiap hari kurang lebih 8300 jiwa. Untuk itu, cara yang paling efisien untuk menekan angka laju pertumbuhan penduduk adalah KB.


KB bukan berarti membatasi kelahiran anak, tetapi merencanakan kesehatan ibu dan anak. Kelahiran dapat di atur sesuai kehendak suatu pasangan misalnya jarak kelahiran 2 atau 3 bahkan 5 tahun antara kelahiran anak yang satu dengan adiknya. Disamping kesehatan biaya kehidupan dan pendidikan anak untuk masadepanya harus di rencanakan.






                                                =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=



0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.