Friday, February 12, 2016

Filled Under: , ,

Cara Mencegah Penyakit Kanker



Anda mungkin pernah mendengar laporan yang bertentangan tentang pencegahan Kanker. Kadang-kadang pencegahan Kanker tertentu yang direkomendasikan dalam satu studi atau laporan berita menyarankan berbagai jenis cara.
Dalam banyak kasus, apa yang diketahui tentang pencegahan kanker masih berkembang. Namun, itu baik diterima bahwa peluang Anda terkena kanker dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup yang Anda buat.
Jadi jika Anda khawatir tentang pencegahan kanker, mengambil kenyamanan di fakta bahwa beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat membuat perbedaan besar. Pertimbangkan tujuh tips pencegahan kanker ini.
pencegahan kanker

 1. JANGAN MENGGUNAKAN TEMBAKAU
Menggunakan jenis tembakau menempatkan Anda pada jalur tabrakan dengan kanker. Merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker - termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim dan ginjal. mengunyah tembakau telah dikaitkan dengan kanker rongga mulut dan pankreas. Bahkan jika Anda tidak menggunakan tembakau, paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.
Menghindari tembakau - atau memutuskan untuk berhenti menggunakannya - adalah salah satu keputusan kesehatan yang paling penting yang dapat Anda buat. Ini juga merupakan bagian penting dari pencegahan kanker. Jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti menggunakan tembakau, tanyakan kepada dokter Anda tentang produk berhenti merokok dan strategi lain untuk berhenti.

2. MAKAN MAKANAN YANG SEHAT
Meskipun membuat pilihan yang sehat pada saat makan tidak dapat menjamin pencegahan kanker, mungkin membantu mengurangi risiko Anda. Pertimbangkan panduan ini:
Makan banyak buah-buahan dan sayuran. Mendasarkan diet Anda pada buah-buahan, sayuran dan makanan lain dari sumber tanaman - seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.
Hindari obesitas. Makan ringan dan lebih ramping dengan memilih makanan berkalori tinggi , termasuk gula halus dan lemak dari sumber hewani.
Jika Anda memilih untuk minum alkohol, melakukannya hanya di moderasi. Risiko berbagai jenis kanker - termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal dan hati - meningkat dengan jumlah alkohol yang Anda minum.

Batasi daging olahan. Sebuah laporan dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, lembaga kanker Organisasi Kesehatan Dunia, menyimpulkan bahwa makan dalam jumlah besar daging olahan sedikit dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.
Selain itu, wanita yang makan diet Mediterania dilengkapi dengan extra-virgin olive oil dan kacang campuran mungkin memiliki penurunan risiko kanker payudara. Diet Mediterania berfokus pada sebagian besar pada makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Orang-orang yang mengikuti diet Mediterania memilih lemak sehat, seperti minyak zaitun, lebih dari mentega dan ikan bukannya daging merah.

3. MENJAGA BERAT BADAN YANG SEHAT DAN AKTIF SECARA FISIK
Menjaga berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus dan ginjal.
Aktivitas fisik penting juga. Selain membantu Anda mengendalikan berat badan, aktivitas fisik sendiri dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.
Orang dewasa yang berpartisipasi dalam jumlah aktivitas fisik mendapatkan beberapa manfaat kesehatan. Tapi untuk manfaat kesehatan yang besar, berusaha untuk mendapatkan setidaknya 150 menit seminggu aktivitas aerobik sedang atau 75 menit seminggu aktivitas fisik aerobik yang kuat. Anda juga dapat melakukan kombinasi aktivitas moderat dan kuat. Sebagai tujuan umum, termasuk setidaknya 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda - dan jika Anda dapat melakukan lebih, bahkan lebih baik.

4. LINDUNGI DIRI DARI MATAHARI
Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum - dan salah satu yang paling dapat dicegah. Cobalah tips ini:
Hindari tengah hari berjemur. Tetap keluar dari sinar matahari pada jam 10:00 ketika sinar matahari yang terkuat.
Tinggal di tempat teduh. Ketika Anda berada di luar ruangan, tinggal di bawah naungan sebanyak mungkin. Kacamata hitam dan topi bantuan bertepi lebar.
Menutupi daerah yang terkena sinar matahari. Memakai anyaman rapat, pakaian longgar yang menutupi kulit Anda. Memilih warna-warna cerah atau gelap, yang mencerminkan radiasi ultraviolet lebih dari pastel atau kapas dikelantang.
Jangan berhemat pada tabir surya. Gunakan jumlah banyak tabir surya ketika Anda berada di luar ruangan, dan mengajukan permohonan kembali.
Hindari tanning bed dan sunlamps. Ini hanya sebagai merusak seperti sinar matahari alami.

5. DAPATKAN IMUNISASI
pencegahan kanker termasuk perlindungan dari infeksi virus tertentu. Bicarakan dengan dokter Anda tentang imunisasi berhadap:
Hepatitis B dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker hati. Vaksin hepatitis B dianjurkan untuk orang dewasa tertentu yang berisiko tinggi - seperti orang dewasa yang aktif secara seksual namun tidak dalam hubungan monogami, orang dengan infeksi menular seksual, pengguna obat intravena, pria yang berhubungan seks dengan laki-laki, dan perawatan kesehatan atau masyarakat pekerja keamanan yang mungkin terkena darah atau cairan tubuh yang terinfeksi.

Human papillomavirus (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang dapat menyebabkan kanker genital serviks dan lainnya serta kanker sel skuamosa kepala dan leher. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak perempuan dan anak laki-laki usia 11 dan 12 tahun. Hal ini juga tersedia untuk pria dan wanita usia 26 tahun atau lebih muda yang tidak memiliki vaksin sebagai remaja.

6. HINDARI PRILAKU BERISIKO
efektif pencegahan kanker taktik lain adalah untuk menghindari perilaku berisiko yang dapat menyebabkan infeksi, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko kanker. Sebagai contoh:
Praktik seks aman. Batasi jumlah pasangan seksual anda, dan menggunakan kondom saat berhubungan seks. The partner seksual yang Anda miliki dalam hidup Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk kontrak infeksi menular seksual - seperti HIV atau HPV. Orang yang memiliki HIV atau AIDS memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker anus, hati dan paru-paru. HPV yang paling sering dikaitkan dengan kanker serviks, tetapi juga dapat meningkatkan risiko kanker anus, penis, tenggorokan, vulva dan vagina.

Jangan berbagi jarum. Berbagi jarum dengan pengguna narkoba yang terinfeksi dapat menyebabkan HIV, serta hepatitis B dan hepatitis C - yang dapat meningkatkan risiko kanker hati. Jika Anda khawatir tentang penyalahgunaan obat atau kecanduan, mencari bantuan profesional.

7. DAPATKA PERAWATAN MEDIS SECARA TERATUR
Regular diri ujian dan pemutaran untuk berbagai jenis kanker - seperti kanker kulit, usus, leher rahim dan payudara - dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan kanker awal, ketika pengobatan yang paling mungkin untuk menjadi sukses. Tanyakan kepada dokter Anda tentang terbaik jadwal skrining kanker untuk Anda.
Ambil pencegahan kanker ke tangan Anda sendiri, mulai hari ini. Imbalan akan berlangsung seumur hidup.







                                                      =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.