Saturday, March 26, 2016

Filled Under: ,

Cara Meningkatkan Daya Otak Dan Memori


Cara Meningkatkan Daya Otak dan Memori
Selama seluruh sejarah penelitian tentang otak manusia, para ilmuwan percaya bahwa otak berhenti membuat hubungan saraf baru ketika tubuh berhenti berkembang. Ini berarti bahwa sejak usia awal 20-an memori manusia mulai mendapatkan ireversibel buruk. Dan dokter tahu bahwa neuron, sama seperti bagian lain dari tubuh, melemahkan umur orang. Hilangnya fungsi otak akibat kerusakan saraf yang berhubungan dengan penuaan diasumsikan normal dan tidak dapat dihindari.
Namun, dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi jelas bahwa otak manusia dapat membuat neuron baru dimulai pada usia 20-an dan berlanjut dengan baik sampai usia tua. Jadi Anda benar-benar dapat mengembangkan otak dengan bagian-bagian baru sebagai bagian yang lebih tua. Bagaimana caranya?
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk melestarikan, melindungi dan meningkatkan daya otak dan memori Anda.
otak yang di tanam memori

Latihan Fisik
Tubuh yang sehat benar-benar berarti pikiran yang sehat. Dalam dekade terakhir menjadi jelas bahwa olahraga teratur menguntungkan mempengaruhi fungsi otak. Latihan meningkatkan kekuatan otak dengan merangsang pembentukan sel-sel otak baru (neuron), proses yang dikenal sebagai neurogenesis2. Juga, latihan memperkuat hubungan antara sel-sel otak. Para peneliti telah menemukan area otak yang dirangsang melalui latihan yang berhubungan dengan memori dan pengetahuan.
latihan fisik bahkan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Beberapa studi telah menegaskan bahwa aktivitas fisik secara teratur mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia di usia tua.

Otak Anda Adalah Mesin Pembelajaran
Bagi kebanyakan dari kita, setelah kita lulus dari sekolah atau perguruan tinggi, mengejar pengetahuan baru tentu dari waktu ke waktu. tapi kita tidak belajar hal-hal baru. Ada bukti jelas bahwa pendidikan dan pembelajaran menghasilkan perubahan yang menguntungkan dalam otak. Para peneliti percaya bahwa aktivitas intelektual berperan terhadap saraf demensia. Beberapa studi menunjukkan bahwa memiliki tingkat rendah dari pendidikan formal dan keterampilan bahasa yang buruk merupakan faktor risiko penurunan kognitif di kemudian hari.
Tetapi jika Anda terus belajar dan menantang diri, otak Anda terus tumbuh, secara harfiah. Penelitian baru-baru ini telah menunjukkan bahwa belajar dari waktu ke waktu meningkatkan memori dan kelangsungan hidup sel-sel otak baru. Sebuah otak yang aktif menghasilkan koneksi baru antara sel-sel saraf yang memungkinkan sel untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Hal ini membantu otak Anda dan mengambil informasi lebih mudah, tidak peduli berapa usia Anda.
Contohnya
Belajar untuk memainkan alat musik
Beralih karier atau memulai yang baru
Memulai hobi baru, seperti kerajinan, lukisan, bersepeda dll
Belajar bahasa asing. Menurut studi terbaru yang berbicara lebih dari satu bahasa dapat memperlambat proses penuaan pada pikiran.
Tetap mencari informasi tentang apa yang terjadi di dunia
Belajar untuk memasak hidangan baru
Jika Anda membiarkan otak Anda menganggur, itu tidak akan berada dalam kesehatan yang terbaik.

Merangsang Pkiiran
Para peneliti menemukan bahwa memori wanita bisa terganggu setidaknya satu tahun setelah melahirkan, meskipun efek yang kecil.
Untuk merangsang otak Anda. Pastikan Anda secara aktif memecahkan masalah dan harus menggunakan memori Anda. Sama seperti aktivitas fisik membuat tubuh Anda kuat, aktivitas mental menjaga pikiran Anda tajam dan lincah. Semakin kita berpikir, fungsi otak semakin lebih baik - tanpa memandang usia. Studi, yang dilakukan oleh para peneliti di Albert Einstein College of Medicine di New York, menemukan bahwa manula aktif secara mental mengurangi risiko demensia sebanyak 75 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak merangsang pikiran mereka.

Beberapa cara yang baik untuk merangsang pikiran Anda:
Perjalanan
Pergi ke museum
Membaca buku, koran, atau majalah
Bermain 'berpikir' permainan seperti kartu, catur, catur, teka-teki silang, teka-teki sudoku
Memainkan alat musik
Tarian
Kerajinan seperti menggambar, melukis, dan keramik
Menggunakan kalkulator sesekali dan memaksa diri untuk melakukan perhitungan

Interaksi Sosial 
Interaksi sosial" dapat diukur dengan seberapa sering orang berbicara di telepon dengan teman-teman, tetangga dan kerabat, seberapa sering mereka bersama-sama dengan mereka, berapa banyak orang yang mereka dapat berbagi perasaan pribadi dan dengan keprihatinan.
Bersosialisasi memiliki efek perlindungan pada otak karena itu adalah bentuk latihan mental. Tidak hanya berinteraksi dengan orang-orang yang merangsang otak, tetapi juga dapat membuat cara pikir Anda tajam, karena berurusan dengan orang-orang bisa sangat menantang. ikatan sosial yang kuat telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah dan harapan hidup lebih lama.
Dan tidak memiliki ikatan sosial diyakini menjadi faktor risiko independen untuk penurunan kognitif pada orang tua.
peneliti AS found11 bahwa berbicara dengan orang lain selama 10 menit sehari meningkatkan memori dan skor tes. Mereka menemukan bahwa sosialisasi itu sama efektifnya dengan jenis yang lebih tradisional dari latihan mental dalam meningkatkan memori dan kinerja intelektual. Mereka juga menemukan bahwa semakin tinggi tingkat interaksi sosial, semakin baik fungsi kognitif. interaksi sosial termasuk mendapatkan bersama-sama atau memiliki chatting telepon dengan kerabat, teman dan tetangga.

Tidur Memainkan Peran Penting Dalam Perkembangan Otak Dan pertumbuhan.
Salah satu penjelasan adalah bahwa tidur dapat berkontribusi neurogenesis, pembentukan sel-sel saraf baru di otak. Penelitian baru memberikan petunjuk tentang bagaimana kurang tidur membahayakan otak - mengurangi jumlah sel-sel otak baru. Tanpa tidur yang cukup, neuron mungkin tidak memiliki waktu untuk memperbaiki semua kerusakan, dan sehingga bisa terjadi kerusakan pada siang hari.
Tidur diperlukan bagi otak untuk memproses dan mengkonsolidasikan pengetahuan dan untuk membentuk kenangan. Ahli saraf mengatakan bahwa selama tidur hippocampus (di mana memori disimpan) menjadi sangat aktif dan bergerak pengetahuan dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.
Kenangan yang ditetapkan oleh otak dalam waktu tidur ada dua macam. memori deklaratif adalah memori untuk informasi - fakta, tanggal, dan nama. memori prosedural adalah apa yang memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal seperti memainkan alat musik, naik sepeda, atau menambah tagihan. Para ilmuwan berpikir dua jenis memori dipengaruhi oleh bagian yang berbeda dari siklus tidur. Gerakan mata cepat untuk tidur tampaknya menguntungkan memori.
Tidur siang di tengah hari dapat menguntungkan beberapa pembelajaran, menurut sebuah studi baru-baru ini. Tidur muncul untuk membantu "mengatur" kenangan deklaratif dan membuatnya lebih mudah untuk mengingat.

Otak Menggunakan 20% Oksigen Tubuh Kita Dan 20% Dari Darah.
Para ilmuwan percaya orang-orang terkena stres kronis cenderung memiliki kadar kortisol - hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dalam respon terhadap stres akut dan kronis. kadar kortisol yang tinggi berbahaya bagi otak.
Beberapa efek yang paling mengesankan dari stres pada otak atrofi hippocampus, penyusutan hippocampus atau korteks prefrontal (area otak yang unik untuk manusia), dan kematian bahkan saraf di beberapa regions otak. Hippocampus, suatu wilayah otak yang penting untuk memori episodik, spasial, dan kontekstual, memiliki banyak reseptor kortisol, yang membuatnya sangat rentan terhadap stres.
Parah stres berlangsung beberapa minggu atau bulan dapat merusak komunikasi sel dalam belajar dan memori wilayah otak. Peningkatan hormon stres menyebabkan gangguan memori dalam kesulitan masa tua dan belajar di masa muda.

stres jangka pendek juga merusak. Peneliti dari University of California telah menemukan stres jangka pendek yang berlangsung beberapa jam dapat merusak komunikasi sel otak di daerah yang terkait dengan pembelajaran dan memori. Mereka menemukan bahwa daripada melibatkan hormon stres kortisol dikenal luas, yang beredar di seluruh tubuh, stres akut diaktifkan molekul selektif disebut corticotropin releasing hormon, yang terganggu proses dimana otak mengumpulkan dan menyimpan kenangan.
Stres adalah konstan dalam hidup kita dan tidak dapat dihindari. Jadi, manajemen stres adalah kunci, tidak stres eliminasi. Beberapa cara untuk membantu Anda mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari Anda:
Melihat masalah sebagai peluang
Menjauhkan diri dari kebisingan
Olahraga
Pelajari teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi
Mengurangi tanggung jawab yang tidak perlu
Membuat waktu untuk kegiatan santa.

Humor
Tertawa adalah obat terbaik!  Dunia medis telah mulai memperhatikan lebih serius dari kekuatan penyembuhan dari humor dan emosi positif yang terkait dengan itu. Dengan bersenang-senang dan tertawa, tingkat stres Anda berkurang secara signifikan. Humor merangsang bagian otak kita yang menggunakan "merasa baik" utusan kimia dopamin. Juga, peneliti menemukan bahwa humor meningkatkan memori.





                                                    =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.