Tuesday, February 16, 2016

Filled Under: ,

Cara Mencegah Penyakit Jantung



Penyakit jantung adalah istilah umum yang mencakup berbagai kondisi kardiovaskular, termasuk penyakit pembuluh darah, penyakit arteri koroner, aritmia, kelainan jantung bawaan dan infeksi pada jantung. Meskipun penyakit jantung adalah kondisi serius, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung, seperti makan diet jantung sehat, tetap aktif, mengelola stres, dan berhenti merokok. Beberapa faktor berada di luar kendali, tapi Anda dapat membantu melindungi diri dari penyakit jantung dengan mengambil alih faktor-faktor yang dapat Anda kontrol. Inilah cara untuk mencegah penyakit jantung Anda.

penyakit jantung

Makan Makanan Untuk Jantung Sehat
Pilihlah makanan yang rendah lemak dan rendah kolesterol. Menghilangkan semua lemak trans dan lemak jenuh dari diet Anda. Tran-lemak adalah jenis yang paling berbahaya dari lemak dan terkait dengan sejumlah efek samping negatif. Kedua jenis lemak terkait dengan peningkatan tekanan darah dan peningkatan risiko penyakit jantung. Mengurangi jumlah makanan yang Anda makan yang mengandung jenis lemak, seperti daging merah, produk susu penuh lemak, minyak sawit, makanan yang digoreng, makanan kemasan, margarin, dan yang diproses dengan dipanggang.

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3. Omega-3 adalah jenis lemak sehat tak jenuh ganda. Asam lemak omega-3 menawarkan perlindungan dari penyakit jantung dan dapat ditemukan dalam makanan seperti salmon, mackerel, biji rami, dan kenari dan suplemen vitamin dan mineral tertentu.

Makan Buah Dan Sayuran
Meningkatkan jumlah buah-buahan dan sayuran yang Anda konsumsi setiap hari. Menetapkan tujuan 10 porsi produk segar atau beku per hari. zat tanaman yang sehat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dan juga lebih rendah kalori dan lemak daripada kebanyakan makanan lain, jadi makan lebih banyak buah dan sayuran juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Biji Bijian
Memilih biji-bijian adalah sumber yang sangat baik dari serat dan mengandung beberapa nutrisi sehat yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruhan.

Pilih Gandum.
Pilih tepung gandum, 100% roti gandum, sereal tinggi serat, pasta gandum, oat baja-potong, beras merah dan barley.Tinggal jauh dari tepung putih atau halus, roti putih, wafel beku, biskuit, roti jagung, mie telur, granola bar, makanan ringan yang tinggi lemak, kue, pie, donat dan mentega popcorn.

Menahan Diri Dari Makan
Menjaga ukuran porsi makan Anda di bawah kontrol. Meskipun apa yang Anda makan adalah penting untuk kesehatan jantung, berapa banyak Anda makan juga merupakan faktor dalam meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Menahan diri dari makan berlebihan, yang dapat menyebabkan kelebihan lemak, kolesterol dan kalori. Menjaga ukuran porsi di bawah kontrol adalah penting untuk makan sehat. Gunakan gelas ukur dan sendok dan berat timbangan untuk mengukur ukuran porsi Anda sampai Anda menjadi cukup familiar untuk mengenali jantung.

Kelebihan Berat Badan
Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Membawa ekstra berat menempatkan beban pada jantung Anda yang dapat menyebabkan penyakit jantung di kemudian hari. Anda berada pada risiko yang lebih tinggi jika Anda membawa kelebihan berat badan sekitar pinggang Anda. Berusaha untuk mempertahankan berat badan yang sehat untuk menghindari komplikasi kelebihan berat badan sekarang atau di kemudian hari.

Latihan Fisik
Latihan selama 30 menit lima hari dalam minggu. Mendapatkan 30 menit aktivitas fisik moderat lima hari dalam seminggu akan membantu Anda untuk melindungi diri dari penyakit jantung. Mengembangkan kebiasaan latihan yang baik dari usia muda dan mempertahankan kebiasaan untuk seumur hidup Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk tetap bugar dan menuai manfaat olahraga bagi jantung Anda.
Latihan fisik lima hari dalam minggu, bisa juga membagi sesi menjadi lebih kecil sepanjang hari. Misalnya, Anda bisa berolahraga selama 15 menit di pagi hari dan 15 menit di malam hari, atau melakukan 10 menit sesi tersebar sepanjang hari.

penyakit jantungHindari Stres
Mengelola stres. Stres menyebabkan kerusakan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung, sehingga sangat penting untuk mengembangkan teknik untuk mengelola stres. Coba yoga, latihan pernapasan, meditasi, atau teknik relaksasi lain untuk membantu mengontrol kadar stres Anda.Satu studi menunjukkan bahwa meditasi secara efektif menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata 4,7 dan 3,2 mm Hg.

Tidur
Dapatkan banyak tidur. Tidak cukup tidur dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, dan bahkan serangan jantung. Mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dan memastikan bahwa Anda mendapatkan 7-8 jam tidur setiap malam.
Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam untuk mengatur siklus tidur-bangun Anda.Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan tingkat serotonin.Menahan diri dari menonton televisi atau menggunakan laptop di tempat tidur.

Mendapatkan Bantuan dari Dokter Anda
Meminta tes skrining kesehatan secara teratur dari dokter Anda. Menjaga tab pada tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah dapat membantu menjaga Anda dalam kesehatan yang baik. tekanan darah, kolesterol, dan gula darah merupakan faktor utama dalam pengembangan penyakit jantung, tetapi Anda dapat menjaganya di bawah kontrol dengan meminta Dokter memeriksa sering. Setelah tekanan darah Anda diperiksa setiap dua tahun. Anda mungkin perlu untuk diperiksa lebih sering jika nomor Anda tinggi atau jika Anda berada pada risiko tekanan darah tinggi.

Berhenti Merokok
Merokok merupakan penyumbang utama terhadap perkembangan penyakit jantung dan merupakan penyebab utama kematian yang dapat dicegah. Jika Anda merokok, melakukan segala sesuatu yang Anda bisa untuk berhenti. Tanyakan kepada dokter Anda tentang program penghentian merokok dan obat-obatan yang dapat membantu lebih mudah berhenti merokok.Satu studi menunjukkan bahwa merokok selama dua tahun meningkatkan risiko seseorang dari kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 36%.

Penggunaan Alkohol
Minum alkohol dalam jumlah sedang dapat menawarkan beberapa manfaat bagi jantung Anda, tetapi minum terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan jantung Anda. Anda seharusnya tidak memiliki lebih dari setengah gelas ukuran kecil sehari jika Anda seorang wanita dan tidak lebih dari satu gelas jika Anda seorang pria. (Pria di atas usia 65 hanya harus memiliki satu gelas minuman per hari juga.) Setiap alkohol lebih dari ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga Anda, maka Anda harus memastikan bahwa dokter tahu tentang hal itu. Dokter mungkin merekomendasikan tindakan pencegahan ekstra untuk membantu mencegah dari penyakit jantung dan untuk membantu Anda menjaga kesehatan jantung yang baik.







                                                     =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.