Saturday, January 30, 2016

Filled Under: , ,

Penyakit Berbahaya Yang Di Sebabkan Virus



Anda tentu sering mendengar penyakit influenza, cacar, hepatitis, demam berdarah, AIDS, dan penyakit flu burung yang pernah menggemparkan karena penderita umumnya berakhir dengan kematian. Penyakit penyakit tersebut adalah beberpa contoh penyakit yang di sebabkan oleh virus.

penyakit virus

Virus dapat menimbulkan penyakit melalui dua cara yaitu melalui kemampuanya dalam memecahkan sel inang dan kemampuanya dalam menghasilkan racun pada daur litik sel inang akan di hancurkan, kemudian virus-virus tersebut akan menginfeksi sel lain dan menimbulkan sakit. Virus lain dapat menimbulkan penyakit karena mampu menghasilkan racun yang dapat menghambat metabolism sel inangnya.

Virus dapat menyerang bakteri, tumbuhan, hewan, atau manusia, berdasarkan inang yang di serangnya, virus di kelompokan menjadi virus bakteri, virus tumbuhan, dan virus hewan (termasuk manusia). Ketika menginfeksi sel inang virus dapat menimbulkan beberapa penyakit. Hal ini di sebabkan virus tersebut akan mengacaukan metabolisme sel inang yang di tempatinya. Penyakit yang di sebabkan oleh virus sangat mudah menyebar ke tempat lain dan sulit untuk di sembuhkan. Beberapa penyakit yang di sebabkan oleh virus adalah sebagai berikut.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)
AIDS adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) HIV mempunyai materi genetik RNA. Tiap virus HIV mempunyai seludang protein, di dalamnya terdapat RNA dan enzim transcriptase, sedangkan di sebelah luarnya di tutupi oleh lapisan lemak yang berasal dari sel limfosit inang.

Jika virus HIV  menginfeksi sel limfosit manusia yang mengandung DNA maka RNA virus akan di gunakan sebagai cetakan untuk membentuk DNA yang terbentuk dengan mudah dapat melekatkan diri pada DNA sel inang dan akan mengikuti proses perbanyakan sel inang tersebut.

DNA virus yang menempel pada inang bisa tidak aktif, akan tetapi bisa juga di terjemahkan menjadi RNA. Dari RNA dapat di buat protein-protein yang di butuhkan untuk melengkapi pembentukan virus-virus baru. Virus-virus baru ini menyebabkan sel limfosit akan mengalami lisis.

Jika jumblah limfosit mengalami penurunan karena rusak oleh virus mulailah terjadi gejala AIDS. Gejala awal dari penderita AIDS adalah berat tubuh menurun, kelenjar limfa membesar, badan lemah, panas dingin seperti sakit flu dan berkeringat. Penderita AIDS akan menjadi sangat sensitif terhadap infeksi yang sangat ringan sekalipun. Contohnya, penyakit flu yang bagi orang normal merupakan penyakit ringan tetapi bagi penderita AIDS dapat menimbulkan akibat yang fatal.

Penularan virus HIV melalui tranfusi darah, jarum suntik, dan hubungan seksual beberapa cara yang dapat kita lakukan agar terhindarnya dari penularan virus HIV, antara lain tidak melakukan hubungan seks di luar nikah, menghindari pemakaian jarum suntik secara bergantian ( misalnya pada pemakai obat-obatan terlarang) dan menghindari donor darah dari orang yang terinfeksi virus HIV.

Flu Burung
Flu burung adalah penyakit influenza pada unggas baik burung, bebek, ayam, serta binatang lain seperti babi. Penyakit ini di temukan pada tahun 1878 di Italia.
Penyebab flu burung adalah virus influenza yang termasuk tipe-A suptipe H-5,H-7 dan H-9 semula, virus flu burung hanya di temukan pada binatang seperti burung, bebek, ayam. Akan tetapi sejak tahun 1997 sudah mulai di laporkan di temukan pula pada manusia. Suptipe virus yang di temukan pada akhir 2003 dan awal 2004 baik pada unggas atau pada pasien ( manusia ) di Vietnam dan di Thailand  adalah jenis H5N1.

Polio
Penyakit ini umumnya di derita oleh anak-anak dan dapat menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya karena virus polio menyerang selaput otak dan merusak sel saraf otak depan. Gejala-gejala yang muncul dari penderita penyakit ini adalah demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, mual dan muntah.
Penyakit ini dapat di cegah dengan memberikan vaksin. Vaksin untuk polio adalah Vaksin Salk dan Vaksin Sabin.
Vaksin salk berfungsi untuk mengaktifkan produksi antibiotic pada serum dan mencegah serangan polio ke sistem saraf pusat  sedangkan Vaksin Sabin merupakan virus polio yang sudah di lemahkan.

Campak
Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah paramyxovirus. Pada awal fase inkubasi virus berkembang biak di saluran pernafasan atas. Sedangkan pada akhir fase inkubasi virus menuju ke darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh terutama pada kulit.
Gejala-gejala yang muncul adalah demam tinggi, mengigau, batuk, mata pedih bila terkena cahaya, dan rasa ngilu di seluruh tubuh.

Hepatitis
Hepatitis dapat di sebabkan oleh virus A, virus B dan virus non A, non B ( hepatitis C). Virus-virus ini menyerang hati penderita dan menyebabkan empedu beredar keseluruh tubuh sehingga orang yang menderita penyekit ini kulitnya tampak pucat kekuningan, bagian putih mata berwarna kekuningan, dan kuku-kuku jari tanganya juga berwarna kuning. Oleh karena itu, hepatitis di sebut juga penyakit kuning.
Rusaknya hati menyebabkan cairan dara masuk ke dalam rongga perut sehingga membesar. Penukaran penyakit ini dilakukan dengan memberikan vaksin.

penyakit virusEbola
Demam ebola di sebabkan oleh virus ebola yang berbentuk seperti benang panjang yang ujungnya melengkung. Virus ebola awalnya adalah virus yang menyerang binatang (kera) di daerah tropis daratan Afrika. Virus ebola di sebar melalui cairan tubuh penderita yang masuk ke peredaran darah orang yang sehat atau melalui jalur pencernaan. Belum ditemukan obat atau vaksin yang efektif untuk mengendalikan virus ebola. Wabah ebola beberapa kali melanda Afrika, yaitu tahun 1976 di Sudan menginfeksi 284 orang dan menewaskan 151 orang. Pada tahun 1995 wabah ebola melanda Kongo, ditemukan 318 kasus dengan 280 orang meninggal dunia. Tiga dari empat orang terinfeksi virus ebola di Kongo meninggal dunia. Pada tahun 2000 – 2001 wabah ebola menyerang Uganda menewaskan 224 orang. Pada tahun 2002 virus ebola kembali muncul di Gabon dan Kongo.

Rabies
Penyakit rabies disebabkan oleh virus rabies yang menyerang anjing. Biasanya ditularkan ke manusia melalui gigitan. Gejala penyakit muncul setelah periode inkubasi selama 10 hari satu tahun berupa demam, kesulitan bernafas, kontraksi otot yang tak terkendali, dan gejala takut pada air. Biasanya diikuti dengan kematian antara 3 hari sampai 3 minggu setelah gejala muncul. Usaha yang dapat dilakukan adalah mencegah perkembangan dan penularan virus dengan vaksin rabies.

Demam Berdarah 
Anda pasti sudah mengetahui bahwa penyakit ini ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus demam berdarah, yaitu jenis dengue. Seseorang yang terserang demam berdarah dan tidak segera tertolong sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian sebab virus dengue bisa merusak trombosit sehingga jumlahnya lama kelamaan akan menurun. Gejala – gejala penyakit ini demam disertai panas tinggi 39 – 40 derajat Celsius, muntah – muntah, bercak – bercak merah, dan bila sampai pada stadium lanjut menyebabkan terjadinya perdarahan.
Cacar
Virus ini menginfeksi tubuh melalui saluran pernafasan. Gejala awalnya antara lain demam, sakit kepala, sakit punggung, badan menggigil, dan lesu. Setelah beberapa hari akan terlihat bintik – bintik merah yang tengahnya ditandai dengan titik hitam yang dimulai dari wajah dan menjalar ke seluruh tubuh. Setelah sembuh penyakit ini akan meninggalkan bopeng pada bekas bintik – bintik tersebut.
Masa inkubasi virus berlangsung selama 12 – 16 hari. Penyebaran penyakit bisa melalui kontak langsung sehingga barang – barang yang sudah terkena virus tersebut dapat menularkannya. Penanggulangannya bisa diberikan vaksin cacar.

Apa perbedaan cacar air yang diderita oleh anak – anak dengan orang dewasa ? Cacar air yang diderita oleh anak – anak tidak begitu berbahaya, tetapi bila diderita orang dewasa bisa menyebabkan kematian. Gejalanya ditandai dengan demam, terbentuknya benjolan, kulit kering dan luka yang tidak berbekas apabila telah sembuh. Masa inkubasinya berlangsung selama 14-16 hari. Virus ini berada di dalam saluran pernafasan dan bisa masuk ke aliran darah pada seluruh tubuh, terutama kulit. 





                                              =SEKIAN DAN TERIMAKSIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.