Monday, February 1, 2016

Filled Under: ,

Penyebab Kanker Payudara Dan Pengobatanya



penyebab kanker payudaraKanker payudara salah satu penyebab kematian utama pada kaum perempuan, Hingga saat ini penyebabnya belum di ketahui secara baku, namun yang pasti telah terjadi perubahan gen yang menyebabkan timbulnya kanker payudara dan jenis lainya. Sebagian besar kanker payudara timbul secara sporadic. Penyebabnya berupa infeksi seperti virus dan perubahan lingkungan belum di ketahui seluruhnya. Zat-zat yang di sebut karsinogen (pemicu kanker) memang ada di lingkungan kita, seperti formalin, polusi udara, asap rokok, zat pengawet, sintetik, hormonal, dioksin, pestisida, dan benda pelastik lainya. Perempuan tidak merokok tetap berisiko kanker payudara bila selalu berada di lingkungan perokok, bila ia mempunyai riwayat penyakit kanker payudara, risikonya lebih besar.

Untuk menghindari risiko kanker payudara, adopsi pola hiduo sehat dengan menjaga pola makan bergizi seimbang, menghindari lemak berlebihan, alcohol, rokok, dan zat karsinogen. Sebaliknya, makanlah sajian yang alami, bebas MSG (penyedap masakan), maupun zat pewarna dan pengawet, lalu hidup teratur, beristirahat cukup dan berolah raga yang terprogram.

Mereka yang berisiko terkena kanker payudara biasanya pada usia 30-50 tahun dan setelah menopause, tidak kawin, melahirkan anak pertama di usia 35 tahun, sedangkan wanita yang tidak punya anak berisiko 2-4 kali lebih tinggi.

Wanita yang haid pertamanya di bawah usia 12 tahun umumnya berisiko 1,7-3,4 kali lebih tinggi. Sebaliknya bila menopause terlambat, misalnya melewati usia 55 tahun, ia akan berisiko 2,5-5 kali lebih tinggi. Bila ia pernah mengalami infeksi atau ada tumor payudara jinak risikonya menjadi 3-9 kali lebih besar. Adanya kanker payudara kontra lateral risikonya juga 3-9 kali lebih besar.

Anda sebelumnya seseorang pernah menderita tumor ovarium, maka risiko kanker payudara akan 3-4 kali lebih tinggi. Sedangkan yang mengalami radiasi dinding dada akan mengalami risiko 2-3 kali lebih tinggi.

Jika anda terdiaknosa penyakit kanker payudara, tak perlu takut. Kini pengobatan medis telah canggih sehingga harapan “kesembuhan” pun lebih besar. Sampai saat ini operasi tetap menjadi terapi terbaik, dengan mengangkat tumor (mempertahankan payudara) dan mastektomi (mengangkat payudara) beserta rekonstruksi payudara. Jika di perlukan bisa di tambah dengan kemotrapi, radioaterapi, terapi hormonal, terapi targeting dan penunjang lainya.

Pengobatan kanker payudara bertujuan untuk mencapai angka ketahanan hidup (survival rate) dan kualitas hidup (quality of life) yang baik, biasanya di hitung setiap 5 tahun. Selewat itu, patut melakukan pemeriksaan berkala agar tidak timbul kekambuhan atau penyebaran jauh (metastasis) yang sangat membantu.

Terimakasih atas kunjungan anda ke artikel yang berjudul penyebab kanker payudara dan pengobatanya semoga pembaca sekalian mendapatkan manfaat atau informasi dari artikel yang tak seberapa ini.







                                               =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.