Tuesday, February 2, 2016

Filled Under: , ,

Bangunan-Bangunan Yang Menjadi Lambang Cinta Abadi Kepada Pasangan



Kebanyakan kita tau hanya Taj Maha-lah bangunan lambing cinta abadi. Padahal di beberapa Negara juga ada bangunan-bangunan yang menjadi saksi keagungan cinta anak manusia. Sebut saja Candi Prambanan di Yogyakarta, Kastil Dobroyd di Todmorden, Inggris serta Kastil Kellie di Batu Gajah, Malaysia, dan beberapa lainya.

taj mahal

Taj-Mahal di Agra, India
Nama Taj-Mahal sudah mendunia sebagai bangunan lambing cinta abadi seorang raja pada istrinya. Sejatinya merupakan sebuah mausoleum atau makan dengan arsitektur megah untuk mengenang sang istri.

Taj-Mahal yang di bangun kaisar  Syah Jahan pada 1631 memang di persembahkan pada istri tercintanya. Mumtaz Mahal yang meninggal saat melahirkan anak ke-14. Kematian itu sangat memukul sang raja dalam duka yang amat dalam.

Sebelum meninggal, sang istri meminta di buatkan makam yang tak pernah di saksikan dunia sebelumnya. Kaisar Moghul ke-5 itu kemudian menggerakan 20 ribu tenaga kerja, arsitek ahli, seniman kerajinan tangan, pemahat, ahli kaligrafi yang kesemuanya pakar di bidangnya guna mewujudkan wasiat istrinya. Bahan bahan bangunan di datangkan dari seluruh India dan Asia Tengah menggunakan 1.000-an gajah. Bangunanya di hiasi 28 jenis batu-batuan indah dari berbagai wilayah Asia seperti batu pasir merah dari Fatehpur Sikri, Jasper dari Punjab, Jade dan Kristal dari China, Pirus dari Tibet, Lapis Lazuli dan Safir dari Srilanka, Batu Bara dan Batu Kornelian dari Arab serta Berlian dari Panna. Lantainya pun terbuat dari Pualam yang bercahaya dari Makrana, Rajasthan. Pembangunan memakan waktu 22 tahun lamanya.

Awalnya Shan Jahan menyebutnya sebagai makam Mumtaz Mahal, namun kemudian menjadi Taj Mahal yang berarti istana mahkota. Lambang cinta abadi yang bernilai sejarah, seni dan budaya amat tinggi itu, dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

candi prambanan

Candi Prambanan, Yogyakarta
Deretan candi delapan yang besar dengan 3 yang terbesar dan puluhan yang kecil kecil menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik. Sayang, karena gempa sebagian dalam kondisi rusak meskipun sudah mulai di renovasi. Candi-candi yang di bangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Raja Pikatan dan Rakai Balitung itu terletak 17 kilometer dari kota Yogyakarta.

Menjulang tinggi dan ramping setinggi 47 meter-lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur-menunjukan kejayaan hindu di tanah jawa. Prambanan di sebut juga sebagai Candi simbol cinta. Legenda yang selalu di ceritakan masyarakat jawa memang mengenai tentang cinta seorang laki-laki biasa namun sakti bernama Bandung Bandowoso pada putri raja Boko bernama Roro Jonggrang. Karena sang putrid tidak menyukainya, ia meminta Bondowoso membuat candi dengan 1.000 arca dalam semalam.

Bondowoso hampir menyelesaikan pekerjaanya ketika Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bodowoso yang baru dapat membuat 999 arca sangat murka dengan kecurangan Jonggrang. Ia kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1.000. Masihkah ada arca sang putrid? Di suatu ruangan ada candi Siwa ada arca Durga yang di sebut –sebut sebagai jelmaan Roro Jonggrang.

boldt castle

Boldt Castle on Heart Island, New York
Kastil ini di bangun oleh George Boldt sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri, Louise Kehrer Boldt pada hari Valentine 1904. Satu tahun sebelum Boldt Castle selesai sang istri meninggal. George Boldt konon sangat berduka sehingga menghentikan pembangunanya bahkan memutuskan keluar dari pulau tersebut.

Untuk 73 tahun setelahnya, Kastil berstruktur batu itu di biarkan begitu saja. Pulau heart lalu di ambil alih Otoritas 1.000 Island, termasuk kapal pesiarnya, dengan perjanjian seluruh pendapatanya dari operasi benteng akan di tujukan untuk restorasi. Beberapa perubahan terlihat menyolok. Ada kubah kaca patri, lantai marmer dan kayu tangga besar. Kastil Boldt dapat di akses dengan Ferry dari teluk Alexsandria atau dari Ontario, Kanada.

kastil dobroyd

Kastil Dobroyd, Todmorden,Inggris
Kastil Dobroyd adalah sebuah bangunan bersejarah penting di atas kota Todmorden, West Yorkshire,Inggris. Di bangun di abad ke-19 oleh John Fielden, putra memilik pabrik kapas kaya raya, Yohanes Fielden.

John, konon membangun kastil tersebut untuk kekasihnya yang bernama Ruth Stansfield, seorang gadis penenun local. Kisahnya di mulai ketika Jonh Fielden jatuh cinta kepada gadis tersebut dan melamarnya. Namun sang gadis bersedia di nikahi bila jonh berjanji membangun sebuah istana di atas bukit. Tak heran di dalam bangunan ini banyak terukir initial nama mereka. JFR sebagai saksi cinta mereka.

Setelah jadi, Jonh dan Ruth mendiami kastil yang di rancang oleh arsitek Brilian. Jonh Gibson itu. Namun ternyata hubungan pasangan ini semakin lama konon semakin memburuk. Ruth tenggelam dalam kecanduan alcohol hingga meninggalnya pada umur 50. Delapan tahun setelahnya Jonh meninggal di usia 77 tahun.

kastil kellie

Kastil Kellie di Batu Gajah, Malaysia
Kastil Kellie yang terletak beberapa kilometer dari Batu Gajah, Malaysia ini termasuk bangungan yang tertua di Malaysia. Merupakan sebuah benteng yang di bangun oleh tuan tanah dan pemilik berbagai perusahaan asal Skotlandia, William Kellie, untuk istrinya Agnes Smith.

Kellie teropsesi mendirikan bangunan semegah Taj Mahal untuk istri tercinta dan keluarganya. Ia mendatangkan para pekerja dari India, bahkan banyak barang materialnya juga dari India. Arsitekrurnya menggabungkan tiga gaya : India, Yunani, Romawi dan Moor.

Sayang, ketika pembanguna berlangsung pada sekitar tahun 1915, terjadi wabah flu Spanyol yang menewaskan sekitar 70-an pekerja India. Untuk menghibur keluarga mereka dan agar mau meneruskan pembangunan, Kellie membangunkan sebuah kuil hindu di dekat bentengnya. Namun sebelum pembangunan selesai, Kellie sendiri meninggal oleh pneumonia dalam perjalanany ke Portugal tahun 1926.

Sang istri kemudian memutuskan kembali ke Skotlandia, ia lalu menjual kastil Kellie ke sebuah prusahaan Inggris, Harrison dan Crossfield, namun tidak pernah di selesaikan pembangunanya. Dibiarkan menjadi reruntuhan dengan banyak legenda, termasuk hantu Kellie, yang konon masih sering terlihat di sana.

Delapan puluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2000 pemerintah Malaysia memperbaharui kastil tersebut. Kini menjadi abyek wisata di Batu Gajah, Malaysia.

kastil misteri

Kastil Misteri di Phoenix, Arizona
Kisah kastil misteri cukup menyedihkan. Adalah Boyce Gulley, yang melarikan diri dari rumahnya di Seattle karena sakit hati setelah diagnosis TBC. Dia meniggalkan istri dan putrinya karena tidak ingin mereka melihatnya mati. Dengan uang yang ada, ia membeli sebuah tanah di kaki gunung. Disana ia menghabiskan 16 tahun untuk membangun sebuah istana dengan tanganya sendiri, sementara menunggu ajal menjemputnya.

Dalam membangun Boyce menggunakan bahan-bahan alami dan sisa artefak. Setelah meninggal, putrinya Mary Lou Gulley, menemukan warisanya tersebut.


prasat phimai

Prasat Phimai di Phimai Hin, Thailand
Legenda Pajjit dan Orapima di mulai ketika pangeran Pajjit pergi mencari calon istrinya. Setelah berbulan-bulan dia melihat wanita hamil lalu jatuh cinta padanya. Karena tidak boleh menikahi wanita tersebut pangeran menginginkan  anak dalam kandungan perempuan itu.

Singkatnya anak tersebut lahir dan di beri nama Orapima. Pada saat Orapima berusia 16 tahun, mereka saling jatuh cinta tapi sang raja tidak setuju. Orapima dan Pajitt melarikan diri ke hutan. Namun di dalam hutan pangeran di bunuh seorang penjahat. Orapima lalu membangun sebuah tempat kudus yang di namakan Prasat Hin Phimai.

Di bagian dalam kuil di pahat adegan-adegan kehidupanya bersama Pajitt. Namun suatu saat Orapima menemukan pemuda yang di anggapnya reinkarnasi Pajitt mereka menikah dan bahagia selamanya.






                                            =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.