Friday, January 29, 2016

Filled Under: , ,

Cara Melatih Otak Kanan Agar Cerdas Dan Kreatif



Mengapa melatih otak kanan
Akhir-akhir ini begitu menjamur
Di sebagian masyarakat?

melatih otak kanan

Perbedaan ilustrasi antara otak kiri dan otak kanan dapat kita lihat pada dua profesi yang berbeda yaitu karyawan dan pengusaha. Karyawan adalah profesi yang lebih mengandalkan keahlian teknis yang detail, nyaman dengan zona aman, butuh focus, kurang suka perubahan dan tantangan.

Berbeda dengan profesi pengusaaha yang selalu dinamis dengan perubahan, kurang menguasai hal-hal teknis, tidak terlalu fokus pada hal-hal detail. Karyawan adalah interprestasi otak kiri sedangkan pengusaha adalah interprestasi otak kanan.

BAGAI MANA MELATIH OTAK KANAN
Mengasah kreativitas
Cara ini dapat di terapkan dengan melakukan aktifitas yang menonjolkan sisi kreatifitas seperti menulis, membuat puisi, menggambar, desain baju, foto grafi dan aktifitas lainya yang membutuhkan kreatifitas. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah makanan otak kanan karena membutuhkan ide-ide segar dan kemampuan mengeksplor aktualisasi diri. Dengan terus mengasah kreatifitas otomatis akan mengasah otak kanan kita.

Melakukah Hal Yang Kita Sukai Atau Hobi
Suatu cara melatih otak kanan lainya yang sangat praktis adalah dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita.
Secara tidak sadar ketika kita melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. Kita akan senang melakukan dan sukarela walaupun banyak sekali tantangan dan bahkan biaya yang kita keluarkan. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan karena sangat berkaitan erat dengan kreatifitas. Contoh hobi yang dapat mengasah otak kanan : mendaki gunung, mancik, jogging dan lain sebagainya.

Humoris
Dapat kita lihat di sekitar kita orang-orang yang selalu seria adalah orang yang suka humor dan becanda. Kadang jika sedang merasakan suatu kebosanan atau sedang di hadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak kananya. Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari rutinitas yang cukup melelahkan. Berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh jika menghadapi masalah, maka humor adalah cara cerdas orang-orang kanan untuk melampiaskan kebosanan dan spirit dalam hidupnya.

Bermusik
Musik adalah indah dan sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan yang sukar di ungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa di ungkapkan melalui lirik-lirik lagu. Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati keindahan musik. Musik adalah makanan orang-orang kanan. Tentu saja adalah musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide brilian bukan musik yang mendayu dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati.

Demikianlah artikel yang saya tulis ini, yang singkat, padat, akurat tentang cara melatih otak kanan agar cerdas dan kreatif semoga pembaca sekalian bisa bermanfaat, Apalagi bagi orang orang yang kreatifitasnya masih kurang bisa melakukan hal-hal seperti diatas.







                                             =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

1 komentar:

  1. Mantap kang artikelnya tentang otak kanan. Sangat menambah informasi lagi buat saya ini. Informasi tentang otak kanan saya jadi bertambah. hehehe. Tapi Kang saya ingin tanya bagaimana cara untuk melatih otak kanan?

    ReplyDelete

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.