Thursday, January 28, 2016

Filled Under: ,

Mengenal Virus Dan Ciri-Ciri Perkembang Biakanya



mengenal virusKetika mendengar atau membaca kata “virus” apa yang ada di pikiran anda? Mungkin anda berpikir tentang penyakit yang di timbulkanya. Memang tidak salah kalau anda berpikir bahwa virus berhubungan dekat dengan penyakit, karena selama ini kita hanya mengenal firus sebagai penyebab berbagai penyakit, seperti influenza, cacar, polio, AIDS, bahkan penyakit yang pernah menggemparkan yaitu penyakit flu burung.

Virus bersifat merugikan karena menyebabkan penyakit pada tumbuhan, hewan, termasuk manusia. Akan tetapi, saat ini dengan semakin maju ilmu dan teknologi, ternyata virus juga dapat bersifat menguntungkan. Virus dapat di gunakan sebagai salah satu vector (pembawa gen) dalam proses rekayasa genetika dan sebagai gen penyebab mutasi yang menguntungkan.

Virus adalah gen penuyebab infeksi yang hanya bisa hidup di dalam sel hidup, yaitu pada sel hewan (termasuk manusia),tumbuhan, jamur dan bakteri. Virus tidak di golongkan kedalam system pengelompokan lima kingdom, sehingga umumnya di kelompokan ke dalam kingdom tersendiri. Banyak orang memandang virus sebagai jembatan antara benda-benda mati dan makhluk hidup. Virus disebut makhluk hidup karena mampu melaksanakan kegiatan hidup yaitu metabolisme dan reproduksi. Akan tetapi, kegiatan tersebut hanya dapat terjadi apabila virus berada di dalam sel hidup.

CIRI-CIRI VIRUS
Virus mempunyai 2 fase untuk keberadaanya, yaitu di dalam sel-sel hidup dan di luar sel-sel hidup. Apabila di luar sel hidup virus terdiri atas partikel-partikel yang mempunyai ciri-ciri tersendiri (bersifat tak hidup). Akan tetapi bila berada di dalam sel hidup virus dapat di sebut sebagai makhluk hidup karena mampu berkembang biak. Terlepas dari apakah virus itu sebagai makhluk hidup atau benda tak hidup, virus di masukkan sebagai satu unit dari mikroorganise.

Pada system klasifikasi lima kingdom, tidak ada satu tempat yang cocok untuk virus. Hal ini karena virus tidak menunjukan ciri-ciri hidup, misalnya respirasi, nutrisi, dan reproduksi, kecuali mereka ada di dalam sel-sel makhluk hidup lainya. Dengan kata lain, semua virus bersifat parasit dan menyebabkan kerugian pada hidupnya. Beberapa ahli taksonomi mempunyai gagasan untuk memasukan virus kedalam kingdom keenam.

PERKEMBANG BIAKAN VIRUS
Virus dapat berkembang biak dalam sel bakteri, sel hewan, dan sel tumbuhan. Untuk menjelaskan perkembang biakan virus biasanya di gunakan contoh virus yang menyerang bakteri (bakteriofage). Misalnya , virus yang berkembang biak pada bakteri Escherichia coli. Perkembang biakan bakteriofage membentuk suatu daur. Daur bakteriofage di bagi menjadi dua yaitu daur litik dan daur lisogenik.

mengenal virus
Daur Litik Bakteriofage
Pada daur ini, sel bakteri hancur (lisis) sehingga di sebut daur litik. Perkembang biakanya di mulai dengan menempelnya virus pada bakteri. Enzim virus melarutkan dinding sel bakteri, sehingga terbentuk lubang dan melalui lubang tersebut, virus memasukan DNA-nya ke dalam bakteri. Kemudian DNA virus mengambil alih tugas DNA bakteri dengan menghancurkan DNA bakteri tersebut. Setelah itu di dalam tubuh bakteri disintesis DNA, protein pembungkus, dan bagian-bagian tubuh virus lainya (satu sel bakteri cukup untuk membentuk 300 virus baru. Setelah virus baru terbentuk, dinding sel bakteri hancur, sehingga virus yang baru terbentuk akan keluar dan menginfeksi bakteri lain.

Daur Lisogenik Bakteriofage
Pada daur ini, hanya terjadi penempelan DNA virus pada DNA bakteri. DNA virus yang menempel pada DNA bakteri disebut profage. Daur lisogenik terjadi apabila bakteri-bakteri mempunyai daya tahan (imun) sehingga virus menjadi tidak virulen.

DNA virus dimasukan kedalam sel bakteri tetapi tidak terjadi pembentukan bagian-bagian tubuh  virus. Jika bakteri berkembang biak (membelah diri), maka profage juga ikut membelah sehingga pada tiap bakteri hasil pembelahan, masing-masing mengandung profage.





                                                =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.