Saturday, February 6, 2016

Filled Under: , ,

Inilah Khasiat Air Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mengobati Penyakit



Para peneliti sebuah lembaga riset trombosit di London, Inggris mengatakan , jika orang selalu mandi dengan air dingin, predaran darahnya akan membaik sehingga tubuh terasa lebih bugar. Mandi denagn air dingin juga mampu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

air bisa menyembuhkan penyakit

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan air. Tak hanya untuk melepas dahaga, menjaga kesegaran dan kebersihan, tapi juga amat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Ini sudah di buktikan oleh para peneliti yang menemukan banyak khasiat yang terkandung dalam air.

Beberapa khasiat di antaranya adalah dapat menyembuhkan penyakit jantug, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus, penyakit kewanitaan, dan masih banyak lagi.

Inilah yang membuat banyak metode pengobatan (terapi) alternatif di tawarkan dengan cara kungkum ( berendam ) di dalam air yang mengandung mahnet, kadar garam tinggi, belerang atau zat kimia lain yang bisa meningkatkan kesehatan.

Di Negara maju terapi air sebenarnya sudah banyak di lakukan. Dua pakar asal Jerman, Vincenz Priesnitz dan Pastor Sebastian Kneipp misalnya, memanfaatkan air hangat dan air dingin. Langkah terapi yang di lakukan pertama pasien di masukan kedalam bak air hangat agar berkeringan, kemudian di pindah ke bak air dingin lalu di minta pula untuk berjalan-jalan sebentar agar berkeringat lagi.

Tahap terakhir, pasien mandi lagi dengan air dingin. Pertukaran suhu dari panas ke dingin inilah yang menjadi kunci rahasia pengobatan ini. Manfaatnya untuk menstabilkan kerja jantung dan peredaran darah.

Cara serupa sebenarnya juga sudah banyak di anjurkan oleh ahli pengobatan alternatif di Indonesia. Caranya, mandi atau menyiram tubuh dengan air hangat, lalu berendam sebentar ke dalam air dingin dengan suhu 18 derajat censius. Bahkan terapi ini di yakini bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

FATAL BILA KURANG AIR
Ketegangan otot pun bisa di atasi dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat cencius. Saat kaki terasa pegal sering di anjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat di campur sedikit garam, adalagi terapi unik, gabungan antara terapi air dan bunyi air.

Terapi tersebut di peraktekan pula di klinik Bad Sulza, Rhuringen, Jerman. Caranya, dengan kedua tangan di silangkan di belakang, tubuh pasien di apungkan di permukaan air kolam dalam posisi terlentang. Tubuhnya bisa terapung seperti di laut mati karena air kolam tersebut mengandung garam 3%.

Dalam posisi seperti itu telinga pasien yang terendam dalam air bisa mendengar dengan jelas alunan music yang mengalun lewat beberapa pengeras suara, yang dipasang di dasar kolam, jenis musiknya atas pilihan pasien, kebanyakan yang lembut sehingga bisa menenangkan. Konon sehabis berendam, badan terasa enteng dan segar. Alhasil pikiran pun bisa semakin tenag.

Tidak kalah penting khasiat air putih bila diminum. Seperti yang telah di ketahui, air sangat di perlukan oleh tubuh. Orang yang kekurangan makan masih dapat bertahan sampai beberapa hari, tapi kekurangan air bisa berakibat fatal, karena air merupakan bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia.

Karenanya Dr. James.M, Rippe, kardiolog dari AS menyarankan untuk minum air putih paling sedikit 1 liter lebih banyak dari apa yang di butuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 40% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%. Tak heran bila kehilangan 7%, kita mulai merasa lemah dan lesu.

Itu artinya semakin banyak orang melakukan aktivitas, air akan lebih banyak terkuras dari tubuh. Apalagi orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, di mana energy yang di keluarkan lebih banyak. Oleh karena itu, para pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus, tapi saat tak haus pun harus minum air. Ini penting di lakukan agar terhindar dari dehidrasi.





                                                 =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=


0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.