Monday, December 7, 2015

Filled Under: , ,

MERENCANAKAN JARAK KELAHIRAN DENGAN KONTRASEPSI IUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP



Dalam bidang apapun, perencanaan memang sangat di perlukan.
Begitu juga dalam merencanakan jarak kelahiran anak. Selain untuk
Kesehatan reproduksi, perencanaan ini sangat penting sebagai
Upaya mempersiapkan generasi yang berkualitas.

Banyak manfaat yang bisa di dapat ketika kita merencanakan jarak kelahiran anak. Jarak kelahiran yang tidak berdekatan bisa membuat orang tua bisa mengawasi tumbuh kembang anak secara lebih detail. Mualai dari pendidikan sampai kesehatan. Sehingga anak yang lebih tua bisa cerdas dan mandiri saat adik lahir.

kontrasepsi untuk wanita

Guna mempersiapkan generasi yang berkualitas, merencanakan jarak kelahiran anak harus di pahami secara baik oleh setiap keluarga, baik suami maupun istri. Ada banyak metode yang bisa di pilih dalam rangka merencanakan jarak kelahiran yang ideal. Salah satunya adalah menggunakan kontrasepsi Intrauterine Devices (IUD) atau spiral yang bisa menjadi pilihan. Selain lebih hemat, efektivitas IUD dalam mencegah kehamilan mencapai 99 persen. Istilah tidak nyaman ketika berhubungan dengan pasangan saat menggunakan alat ini, itu keliru. Sebagai metode kontrasepsi yang berteknologi, IUD di buat sedemikian rupa untuk melindungi anda dari kehamilan dan tetap merasa nyaman ketika melakukan hubungan dengan pasangan.

IUD sendiri adalah metode kontrasepsi berbentuk T yang terbuat dari batang plastic di balut tembaga. IUD dipasang di dalam rahim. Ukuranya sangat kecil dan efektif mencegah kehamilan, sekaligus melindungi diri dari kehamilan ektopik. Metode kontrasepsi ini mampu mencegah pertemuan sperma dengan sel telur dan mengurangi mobilitas sperma agar tidak bisa membuahi sel telur. Penggunaan kontrasepsi IUD  juga mencegah  telur yang akan di buahi menempel di dinding rahim.

Kontrasepsi IUD lebih ekonomis karena bisa mencegah kehamilan jangka panjang sesuai rencana. Mulai dari tiga tahun hingga sepuluh tahun. Anda hanya perlu datang ke dokter atau bidan sekali dalam setahun untuk memeriksakan keberadaan IUD anda.

Kontrasepsi IUD juga tidak akan menggangu aktivitas seksual. Anda bisa bebas beraktivitas dan tetap romantis bersama pasangan karena metode ini tidak menimbulkan efeksamping hormonal.

Bila anda masi dalam masa menyusui si kecil kotrasepsi IUD juga tidak mempengaruhi kualitas dan produktivitas ASI. Bahkan bila anda berencana untuk kembali memiliki momongan, anda juga bisa kembali subur setelah IUD di lepas.

Kontrasepsi IUD boleh di gunakan oleh siapa saja sejauh calon okseptor dalam keadaan tidak sedang hamil dan tidak mengalami infeksi menular seksual. Segera setelah melahirkan atau setelah keguguran, anda bisa langsung memasang alat kontrasepsi ini dengan meminta bantuan tenaga kesehatan terlatih. Biasanya akan dilakukan tes kehamilan sebelum pemasangan IUD di dalam rahim.

Dengan kontrasepsi IUD anda bisa merencanakan jarak kelahiran yang ideal untuk membentuk keluarga yang lebih berkualitas. Sebagai orangtua, kita pasti ingin mengawasi tunbuh kembang anak secara lebih baik, enjoy dalam membesarkan anak, bisa berkomunikasi lebih dekat, dan yang utama adalah menyiapkan kakak yang mandiri dengan usia yang cukup matang agar bisa membantu si adik kecilnya kelak.






                                                        =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=





0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.