Saturday, November 28, 2015

Filled Under: , , ,

HATI HATILAH BAGI WANITA BEKERJA KARENA BISA DISERANG BAERBAGAI PENYAKIT



Delapan penyakit dan gangguan ini bagi lingkaran
Tak berujung. Tapi, semua bisa di hindari asalkan
Anda menjalankan gaya hidup sehat.

Pola hidup bagi ibu bekerja menyimpan resiko serangan berbagai gangguan atau penyakit. Sayangnya, kesibukan membuat mereka tidak memperhatikan kondisi kesehatan. Sebuah studi bahkan menunjukan wanita bekerja di bawah tekanan lebih beresiko terkena serangan jantung atau sroke.

Menurut Dr.Khaira Ultia Yusrie. Sp.pd, kerentanan ini berkaitan erat dengan perubahan pola hidup yang meningkatkan resiko kardiovaskuler. Misalnya, menyantap junk food atau makanan dengan kadar lemak yang cukup tinggi, kurang atau tidak berolahraga, overweight, hingga obesitas, kurang tidur, bekerja di bawah tekanan atau stress, merokok, minum alcohol, menunda perkawinan, atau menyusui.

Faktor factor ini menyebabkan wanita karier lebih rentan terkena penyakit, terutama penyakit penyakit kardiovaskuler dan infeksi. Khusus infeksi, infeksi saluran nafas lebih mungkit terjadi pada mereka yang bekerja di luar rumah atau terpapar banyak orang.

Lantas, apa saja gangguan dan penyakit yang berpotensi mengancam para ibu bekerja? Berikut beberapa di antaranya.
IBU BEKERJA 
Depresi
Depresi merupakan ancaman bagi mereka yang bekerja di bawah stress, target tinggi, tekanan dari atasan atau teman kerja, kurang tidur, kurang istirahat, kurang waktu untuk keluarga dan diri sendiri,dan takut kehilangan pekerjaan.

Stroke
Pada wanita, stroke merupakan penyebab ketiga kematian setelah penyakit jantung dan kanker. Data dari American Heart Association, diduga 6,8 penduduk amerika mengidap stroke dan 3,8 juta di antaranya adalah wanita. Diduga 800 ribu wanita terkena stroke setiap tahunya.

Selain faktor resiko kardiovaskuler, penggunaan jenis pil kontrasepsi dan obat obat hormonal juga dapat menyebabkan ipertensi. Pencetus diabetes, komplikasi kehamilan seperti keracunan kehamilan dan penyakit jantung akibat kehamilan.

Insomnia
Insomnia merupakan salah satu keluhan yang sering sekali di keluhkan ibu bekerja. Terutama bagi mereka yang lembur hingga malam dan bekerja dalam shift seperti berprofesi sebagai oprator dan betugas call center. Waktu istirahat yang tidak cukup dapat menimbulkan stress bagi pelaku profesi ini.

Obesitas
Beberapa penyebab terjadinya obesitas adalah sulitnya memilih menu yang sehat selama bekerja dan kurang atau tidak berolahraga. Anda bisa memperbaikinya dengan lebih banyak menyantap buah buahan dan sayuran. Bila ingin menyantap daging, pilihlah bagian tak berlemak dan singkirkan kulitnya. Lalu, cek apakah berat badan anda sudah melebihi batas normal dengan menggunakan rumus BMI.

Gangguan Menstruasi
Keluhan gangguan menstruasi juga sering di keluhkan mereka yang bekerja dibawah stress dan kurangnya waktu untuk beristirahat. Beberapa gerakan yoga bisa membantu meredakan gangguan ini. Namun bila gangguan kerap terjadi setiap kali datang bulan segera cek kondisi anda ke ahli medis untuk mendeteksi adanya kemungkinan penyakit lain.

Diabetes Dan Hipertensi
Dua penyakit ini merupakan penyakit degenerative yang timbul akibat perubahan pola hidup, memakan makanan tinggi lemak, kurangnya konsumsi sayuran, buah dan makanan sehat lainya, kurang berolahraga, serta tekanan pekerjaan yang tinggi.

Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan  masalah kesehatan yamg cukup serius dan membutuhkan penaganan resiko sejak dini. Oleh karena itu, wanita karier harus menghindari resiko obesitas, hipertensi hingga sindrom metabolic. Stres, depresi dan kecemasan juga membutuhkan penanganan agar tidak memperberat resiko penyakit jantung. Pasalnya, tiga hal ini dapat memicu pembentukan plak di arteri.

Nyeri Otot Dan Tulang
Keluhan nyeri kronis punggung bawah dan nyeri leher merupakan keluhan yang sering di rasakan wanita yang sering bekerja dalam posisi duduk serta menggunakan computer.







                                                         =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=




0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.