Friday, November 27, 2015

Filled Under: , ,

INILAH EFEKNYA JIKA ANAK SUKA MENIRU KEBIASAAN ORANGTUANYA



Dengarkan dulu apa yang ingin diungkapkan anak
Agar ia pun mau mendengar apa yang anda
Sampaikan.

anak meniru orangtua
Secara natural, anak anak memang terbiasa melakukan apa yang ia lihat. Tak hanya dari prilaku, anak juga bisa mencontoh hal hal lain, termasuk gaya berdandan orang tuanya.. Saat anak perempuan mencoba lipstick atau parfum milik orang tuanya, itu wajar karena tahap imajinasinya sedang berkembang. Boleh boleh jasa, kok,anak meniru. Asal di sesuaikan dengan usianya. Jangan sampai memakai parfum orang dewasa, misalnya, berikan saja yang khusus untuk anak anak.


Orangtua laksana guru sekali gus role model bagi buah hati. Hal ini tercipta secara natural sejak anak masih menyusu pada ibunya. Saat itu, anak sudah mendapatkan nilai trust alias kepercayaan pada ibu. Kebutuhan akan rasa nyaman dan kasih sayang itu di peroleh juga saat orang tua merespon atau membelai anak yang menangis. Ini menjadikan ibu sebagai role model yang pertama dan utama bagi anak.

Tahap Meniru
Sejauh mana orangtua menjadi role model bagi anaknya? Biasanya, ini terlihat dari celotehan anak dan bagaimana ia menanggapi  sesuatu secara sederhana. Mulai dari nada bahasa, kata kata yang di ucapkan, bahkan pada beberapa khasus, hingga caranya tertawapun tak jauh berbeda dengan sang ibu. Maka sederhananya, jika ingin anak berprilaku baik,beri contoh dahulu.

Proses meniru ibu atau orang dewasa dalam keluarga akan jelas tergambar saat anak berusia di bawah lima tahun, sementara ketika memasuki usia sekolah, kadar mencontoh mereka pada keluarga perlahan lahan akan berkurang. Alasanya, ia bisa saja mendapatkan role model lain, yaitu dari lingkungan sekolah, teman, atau televise. Seiring pertumbuhanya, role model bagi si kecil memang akan terus berubah. Saat beranjak besar lagi. Bisa saja ia melihat lingkungan pekerjaan, hingga aktor film, sebagai role modelnya.

Obsesi Terselubung
Hati hati, jangan sampai menjadikan anak sebagai sosok  yang memenuhi keinginan terselubung orang tua yang tak tercapai. Misalnya, orang tua ingin anaknya menjaidi dokter karena dulu cita citanya menjadi dokter tak tercapai. Atau mungkin seluruh keluarganya berprofesi dokter, sehingga ia pun harus mengikuti jejak keluarga ini. Tak masalah jika anaknya mau dan suka, tapi bagaimana jika sebaliknya?

Bentuk lain yang membuat peran sebagai role model tak lagi di nilai sehat adalah ketika sang ibu yang senang bedandan ala boneka Barbie, kemudian ikut mendandani anak perempuanya yang berusia belasan tahun untuk bergaya sepertinya. Jika tampil kompak sebatas dalam memakai baju warna senada atau model sepatu balet yang sama, ya tak masalah. Asal jangan sampai memakaikan lipstick, membelikan barang barang branded mulai dari  high heels hingga pakaian ketat dan serba mini. Bahaya juga, bila anak berusia lima tahun di ikutikan kontes kecantikan ala Barbie. Tindakan tindakan yang demikian akan mematahkan atau merusak karakter anak.

anak meniru orangtuanya

Tak hanya pada cara berpakaian, cara mengonsumsi makanan pun anak bisa meniru gaya orang tuanya. Nah, yang seperti ini harus di perlakukan adil. Kalau orangtua tak suka sayur. Misalnya, jangan memaksa anak untuk doyan sayur. Orangtua harus mengevaluasi dirinya jangan sampai menyalahkan anak yang tak mau sayur. Kalau mau, biasakan diri dulu menujukan pada buah hati bahwa anda pun tak masalah jika harus mengonsumsinya. Saat ada hal yang anda harap di lakukan si kecil namun tak bisa anda lakukan buatlah kompromi dan ambil jalan tengahnya.

Kenali Diri
Sudah siapkah anda untuk menjadi role model? Mulai saja dari mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Tentu saja tak ada orang tua yang sempurna. Namun dengan mengenali diri sendiri dan mempelajari bagaimana emosi dan pola asuh yang akan di terapkan pada anak, setiap ibu bisa menjadi panutan yang baik, kok,. Terpenting, anak juga perlu di dengarkan pendapatnya. Anda juga tak harus selalu menjadi pihak yang benar, kan? Saat sedang berada di posisi yang sulit untuk mengelola emosi, missal saat pekerjaan di kantor sedang menggunung, tak masalah jika anda meminta waktu istirahat pada buah hati. Ini tentu lebih baik di banding memberikan aura negative untuknya.

Sikap meniru anak, harusnya menciptakan upaya bagi ibu untuk terus bersikap dan member contoh yang baik. Role model  itu bukan hanya di sampaikan denagan kata kata saja, tapi yang paling penting dan yang akan di ikuti adalah melalui pemberian contoh yang baik.






                                                    =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=






0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.