Thursday, November 5, 2015

Filled Under: , , ,

MACAM MACAM KERINGAT PENYEBAB BAU BADAN

Keringat sering sekali menjadi kambing hitam
Penyebab bau badan. Padahal bau ini muncul
Karena andil bakteri baik.

Bau tak sedap dari tubuh memang sangat menggangu. Selain menumpulkan percaya diri, hal ini pun bisa menurunkan citra diri dan memengaruhi fungsi social. Bau tak sedap pada tubuh alias malodor muncul saat ada reaksi antara cairan seperti keringat yang bercampur dengan bakteri.

keringat di ketiakPenyebab bau badan sebenarnya bukan bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi. Melainkan, bakteri baik yang di sebut flora normal kulit. Saat keringat bercampur dengan bakteri ini, akan timbul reaksi yang menyebebkan aroma tubuh menjadi tak sedap.

Proses dalam tubuh ini terjadi secara alami. Maka sebenarnya masalah ini normal terjadi pada setiap orang. Meski demikian, setiap orang tentu saja tak mengaharapkan badanya mengeluarkan aroma tak sedap.

Tak Sembarang Keringat
Keringat biasanya menjadi kambing hitam penyebab bau badan. Padahal anggapan ini keliru, sebab di perlukan reaksi antara keringat dan bakteri terlebih dahulu sebelum aroma tak sedap muncul. Disamping itu, tak sembarang keringat dapat menimbulkan reaksi ini.

Keringat terbagi menjadi dua jenis. Pertama, keringat yang keluar dari kelenjar ekrin. Kedua, keringat yang keluar dari kelenjar apokrin. Keringat dari kelenjar ekrin merupakan cairan dengan kandungan air, natrium, dan kalium yang ada sejak seseorang lahir hingga ia menua, Keringat ini bisa keluar kapan saja. Fungsinya mengatur suhu dan membuang toksin dalam tubuh.

Sementara itu, keringat dari kelenjar apokrin baru aktif jika seseorang menginjak fase pubertas. Cairan inilah yang bisa menyebabkan munculnya bau tak sedap dalam tubuh. Pasalnya, keringat ini mengandung protein dan  asam lemak bebas. Kandungan ini yang di senangi oleh flora normal kulit dan dapat bereaksi saat mereka di pertemukan.

Keringat dari kelenjar apokrin juga cendrung lebih basah dan betah di beberapa bagian tubuh seperti ketiak, lipatan paha, kaki, sela sela jari, dan vagina. Arena tersebut umumnya memiliki kondisi yang lebih lembab dan sering tergesek.

Pengaruh Hormon
Kuantitas produksi keringat dari kelenjar apokrin dipengaruhi beberapa faktor, termasuk faktor hormonal. Misalnya, bila anda merasa tiba tiba aroma tubuh berbau lebih tajam dari pada biasanya. Saat seseorang mengalami kondisi tertentu. Misalnya stress, melakukan aktifitas fisik berlebih, atau menerima rangsangan seksual. Maka produksinya akan lebih banyak. Otomatis risiko timbul bau tak sedap pun meningkat.

keringat di tubuh

Secara tak langsung bau badan seseorang ternyata di pengaruhi oleh faktor genetic. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan banyak atau tidaknya kelenjar di tubuh, kuantitas produksi keringat, dan aktivitas kelenjar keringat yanag di pengaruhi secara genetic. Sebagai contoh, bila orang tua mengalami pubertas atau menarche dini, maka aktivitas apokrin dalam tubuh orang tua akan lebih cepat. Hal ini berarti anaknya pun memiliki peluang untuk mengalami hal serupa.

Hati Hati Infeksi
Bau tak sedap pada beberapa bagian tubuh memang tak menandakan masalah kesehatan yang serius. Tapi, bagaiman bila aroma tersebut sudah sangat menggangu. Bisa saja aroma tersebut bukan di sebabkan keringat, melainkan ada infeksi dalam bagian tubuh yang tak di sadari.

Sebagai contoh, bila aroma menyengat yang tak biasa keluar dari vagina,, disertai warna cairan yang terlihat jelas berbeda pada cairan normal, kemungkinan telah terjadi infeksi di area tersebut.

Aroma tak sedap yang berasal dari infeksi di vagina bisa di sebabkan jamur berbahaya alias kandisosis. Jika memang baunya sudah tak wajar, ini bisa menjadi indikasi adanya permasalahan yang lebih serius.

Sama halnya apabila jamur hinggap di lipatan jari sehingga terdapat lecet, kemerahan, atau putih putih pada area tersebut. Bau yang di sertai cirri cirri tak normal ini juga menunjukan bahwa terdapat jamur yang berkembang di area yang lembab tersebut. Itu yang biasa di sebut kadas atau kurap.







                                                =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=




0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.