Monday, November 2, 2015

Filled Under: , ,

BEBERAPA KEBIASAAN POLA MAKAN YANG SALAH



Ternyata otak membutuhkan
20 menit untuk menangkap
Respon kenyang dari lambung

Makan bukanlah sekedar memasukan makanan kedalam mulut lalu di cerna oleh organ organ pencernaan.Faktanya, kebiasaan makan dan cara menikmatinya ternyata sangat berpengaruh terhadap proses pencernaan.Beberapa kesalahan makan yang sering di lakukan seperti melewatkan sarapan, terlalu banyak mengonsumsi gula, atau makan terburuburu. Ternyata menyebabkan dampak yang tak sepele.

Contohnya, kebutuhan akan sarapan. Otak dan tubuh, secara otomatis akan melambat dalam beberapa jam jika tubuh tak di beri “makan”. Apalagi, aktivitas pada umumnya lebh padat pada pagi hingga sore hari.

makan terlalu lahapJika anda memulai hari tanpa adanya energy yang masuk ke dalam tubuh, bisa terbayang, kan, bagaiman anda bisa beraktivitas dengan baik? Maka, kalaupun anda tak sempat sarapan dengan menu penuh, usahakan konsumsi buah atau sepotong roti.

Sementara itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis juga meningkatkan kadar gula di dalam darah secara cepat, juga menurunkan dengan cepat pula. Praktis, ini  membuat seseorang cepat merasa lapar. Inilah yang membuat nafsu makan menjadi tak terkontrol. Maka dari itulah, di ajurkan untuk makan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks, dan lemak yang seimbang.

TAK TERBURU BURU
Lalu, kenapa kita tak boleh makan terburuburu? Saat kita makan secara cepat, ternyata makanan yang masuk tak tercatat oleh otak. Ini karena rasa kenyang baru akan sampai ke otak sekitar 20 menit usai makanan di konsumsi.

Sehingga saat makan dengan terburuburu, tubuh akan tetap merasa belum kenyang meski sudah mengonsumsi cukup kalori. Karena tak kunjung merasa kenyang itulah, makanan pun akan terus di masukan. Pada akhirnya, kuantitas makanan akan melebihi kebutuhan sehingga usaha menurunkan berat badan menjadi sia sia.

Cara untuk mengatasinya, adalah dengan makan secara pelan. Dengan cara ini. Anda akan lebih peka terhadap jenis makanan yang masuk ke dalam mulut dan perut. Ajauga lebih peka terhadap rasa kenyang. Artinya,  anda bisa menentukan berapa jumblah makanan yamg tepat untuk di konsumsi.

Selain tau jumblah makanan yang tepat, makan secara lebih pelan pun membuat kelezatan makan lebih di nikmati. Lebih lanjut, kebiasaan ini pun menghindarkan diri dari gangguan lambung seperti, lambung terasa penuh atau terus terusan bersendawa.

KEBIASAAN SALAH
Waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan makan, setidaknya adalah selama 20 -30 menit. Anda bisa membuatnya sedikit lebih lama yaitu menambah waktu 5 – 10 menit, dengan memperbaiki kebiasaan kebiasaan makan yang salah.

Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang kerap terjadi dan bagai mana menyiasatinya agar anda tak terjebak pada istilah, asal makan banyak dan cepat.

Seperti lomba
Seperti sudah di ulas di bagian sebelumnya, makan terburu buru dan cepat laiknya ikut lomba makan, khususnya saat sarapan, justru akan membuat anda cendrung makan lagi di sisa hari. Coba lambatkan  kecepatan makan dan nikmati makanan sebisa mungkin. Waktu ideal yang bisa anda coba misalnya 60 detik untuk setiap suapan. Tak masalah melakukan hitungan di awal mengubah kebiasaan hingga anda terbiasa dan tak perlu berhitung lagi.

makan sambil tertawa

Suapan besar
Suapan yang besar ternyata juga tak begitu bagus. Pasalnya, suapan besar akan membuat makan lebih cepat. Ada baiknya kurangi ukuran suapan menjadi lebih kecil, karena semakin panjang proses sebelum makanan masuk ke dalam mulut, semakin lama pula makanan di habiskan.

Kurang di kunya
Begitu makanan berada di dalam mulut, nikmatilah. Semakin lama makanan berada di dalam mulut, akan semakin lama pula anda menikmati dan menghargai makanan tersebut. Titik titik rasa ada di beberapa bagian lidah dan tidak ada titik rasa di krongkongan. Jadi, begitu makan lewat dari mulut dan masuk krongkongan, rasa nikmat makanan pun akan lenyap. Nikmati rasa makanan lebih lama di dalam mulut dengan jalan mengunyah lebih lama.

Diselingi minum
Untuk memperpanjang proses makan yang sehat dan membantu makanan masuk ke dalam krongkongan, sering seringlah minum air putih saat makan. Misalnya, minum di antara suapan. Banyak minum pada saat makan juga akan membuat anda merasa kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

Memegang sendok
Nah, ini juga salah satu hal yang penting. Setelah anda memasukan satu suap makanan ke dalam mulut,segera letakan sendok dan garpu. Kunyah makanan minimal 33 kali,telan, minum air putih, tunggu beberapa saat, lalu ambila kembali sendok, dan masukan lagi satu suapan. Jangan memasukan suapan sebelum anda selesai dengan suapan sebelumnya.

Tak ambil napas
Apasih untuknya makan terburu buru? Bukankah justru akan lebih nikmat jika kita makan sambil menikmati makanan yang di konsumsi?  Apalagi kalau anda punya kesempatan untuk menikmati suasana di sekeliling. Misalnya, saat makan di luar rumah, coba perhatikan situasi di sekeliling meja duduk entah itu tamu lain atau pemandangan yang ada di tempat makan.

Banyak bicara
Mengunyah, bicara, dan menelan makanan secara berbarengan bukanlah ide yang bagus. Bisa bisa anda tersedak karenanya. Namun, tentu tak ada salahnya bicara atau mengobrol di sela sela waktu makan, asalkan bukan saat mengunyah atau menelan makanan. Apalagi, komunikasi pada waktu saat makan bisa menjadi salah satu cara untuk menikatkan keharmonisan keluarga.




                                             =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=



1 komentar:

  1. Kami akan membantu Anda dalam pengajuan KTA dan KARTU KREDIT sehingga bisa disetujui, GRATIS tanpa dipungut biaya sama sekali.
    persyaratan untuk pengajuan KTA ialah
    KTP
    Kartu Kredit limit min 6 juta dan sudah berjalan 1 tahun
    pemakaian limit jangan di bawah 45% dan tidak ada keterlambatan pembayaran selama 6 bulan
    tidak terkena kredit macet baik di bank,leasing,bpr dan lembaga keuangan lain nya, dana cair 2-3 kali limit kartu kredit anda
    telp rumah atau saudara wajib telp kabel
    telp kabel kantor wajib
    NPWP
    Cover rekening tabungan
    persyaratan untuk pengajuan kartu kredit
    fc ktp
    npwp
    slip gaji min 3.5 juta perbulan
    telp rumah atau saudara wajib dan telp kabel kantor wajib
    khusus pengusaha wajib memiliki kartu kredit usia min 3 bulan
    dan segera email ke roolyutomo@gmail.com , setelah semua data dan dokumen kami terima, kami akan melakukan konfirmasi serta ferifikasi ulang, . Setelah semuanya lengkap dan semua nomor telepon bisa dihubungi, pengajuan Anda segera kami masukkan ke bagian proses. Proses KTA , membutuhkan waktu 14-20 hari kerja hari kerja. Proses akan semakin cepat, kalau semua nomor telepon bisa dihubungi. Aktifkan nomor telepon ketika proses berlangsung.
    Jaga Kartu Kredit yang menjadi referensi pengajuan KTA, selama proses berlangsusng, bayar dulu kartu kredit Anda sehingga masih tersisa limit 50%. Sabar, selama 7 hari, kartu kredit Anda jangan digunakan dulu.
    Jika pengajuan KTA disetujui, dana akan langsung ditransfer ke rekening bank Anda.
    Ajukan segera KTA Anda, kami akan membantu semasimal mungkin sehingga pengajuan Anda bisa disetujui. Demikian tentang kami,berkas aman 100% , alamat kantor di gedung bank anz pandanaran semoga bermanfaat untuk Anda.
    Anda juga bisa menghubungi kami melalui :
    Telepon/sms/wa/kakao/line
    GSM : 085600125176
    pin : 57EF6EF6
    email : roolyutomo@gmail.com
    Facebook : rooly utomo

    ReplyDelete

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.