Monday, October 5, 2015

Filled Under: , , ,

TIPS SOLUSI SEHAT TUBUH DAN PIKIRAN BODY BALANCE




Tubuh dan pola pikir yang seimbang merupakan
Kunci stamina yang prima dan membantu
Menghalau stress

Body balance merupakan kombinasi dari gerakan tai chi,pilates dan yoga.Unsur tai chi diterjemahkan kedalam bentuk latihan mengatur ritme pernapasan yang baik agar tubuh relaks dan siap kelatihan selanjutnya.Unsur pilates untuk membantu membentuk proporsi tubuh yang baik,menguatkan tulang belakang dan mengatasi masalah pada area punggung,panggul,pinggang dan bahu.Unsur yoga diambil untuk menambah pada kelenturan,keseimbangan,kekuatan dan ketahanan otot tubuh.

Manfaat body balance selain menambah kelenturan dan kekuatan otot tubuh juga meningkatkan konsentrasi dan control diri agar pikiran tenang,kinerja jantung dan paru paru semakin baik.Akhirnya,kualitas jiwa dan raga pun menjadi prima.Olah tubuh body balance sangat di sarankan bagi anda yang aktif,rentan hadapi stress dan punya masalah berat badan maupun punya problem pada persendian.Juga diakui efektif untu proses rehabilitas pasca cidera.Selain juga sebagai entri level bagi anda yang ingin mendalami yoga dan pilates.Jangan lupa,selama pelatihan di iringi music yang menenangkan.



GERAKAN DALAM BODY BALANCE


tai chi warmTai Chi Warm

Gerakan ini merupakan proses dari pemanasan untuk memulai rangkaian latihan body balance.Dalam proses ini ditekankan untuk melatih napas secara benar dan bekualiitas serta tubuh dan pikiran dimaksutkan dalam kondisi relaks.Pernapasan pun dilakukan sesuai dengan gerakan di bawah ini.

1.Kaki dibuka lebar,perlahan turunkan tubuh kebawah,pada posisi ini jadikan paha sebagai  tumpuan,tangan membentuk segitiga dengan telapak menghadap kedepan.Ambil napas,rilek
tai chi




2.Masih dengan posisi kaki dan tubuh yang sama,namun kali ini  gerakan tangan lebih di arahkan kesamping.









Sun Salutation

sun salutation
sun salutationDiambil dari gerakan yoga,proses ini merupakan proses pemanasan otot,dimana otot otot yang kaku dapat dilenturkan dan mencegah adanya cidera serta untuk dapat mempermudah gerakan dalam latihan berikutnya,Dilakukan dalam langkah berikut.

1.Sikap jongkok dengan kaki sebelah kanan mrnjadi tumpuan.Kedua tangan bertumpu pada lantai.Kaki sebelah kiri di tarik kebelakang dengan lutut bertumpu di lantai.Punggung belakan lurus.Wajah menghadap kedepan.


2.posisi tubuh berdiri dengan tangan keatas.Kepala di angkat sedikit ke atas.Kaki di rapatkan dengan lutut di tekukan kearah depan.Perhatiakan posisi bokong dan panggul.










standing strengthStanding Strength

Masih diambil dari gerakan yoga,pada track ini gerakan di fokuskan pada area lower body muscle yaitu pelatihan pada kekuatan otot kaki

1.Tngan di rentangkan.Begitu pula dengan kaki yang di buka sejajar dengan tangan.Kaki kiri di tekuk guna menjadi tumpuan.Tubuh serta kepala di putar menghadap sisi kiri.


standyng


2.Tekuk salah satu kaki ke belakang sedang yang satunya dalam posisi kuda kuda.Luruskan tubuh anda dan rentangkan tangan ke atas sejajar dengan kuping.Arahkan pandangan mata anda keatas.Tarik napas secara perlahan lahan.Lakukan selama beberapa hitungan.










Balance
Pelatihan pada track ini di fokuskan pada latihan keseimbangan dimana otot kaki di latih secara maksimal.Gerakan gerakan seperti orang ingin terbang yang mengutamakan keseimbangan dan bertumpu pada satu kaki,mendominasi di track 4 ini.Oleh karena itu di bagian ini di sebut dengan track balance.
balance


1.Dalam posisi berdiri secara perlahan jatuhkan tubuh anda kedepan,secara bersamaan angkat salah satu kaki  hingga sejajar dengan tubuh anda.Kaki yang satunya di jadikan sebagai tumpuan.Posisi tangan di rentangkan melebar kesamping.Posisinya seperti orang ingin terbang.

body balance

2.Masih dengan posisi  dan kaki yang sama,kali ini tangan yang satunya memegang kaki,sedang tangan yang satunya di rentangkan kedepan dengan pandangan ke depan.









Hip Opener

D iambila dari gerakan dalam pilates,yaitu gerakan yang banyak mengutamakan pengaturan pernapasan.Pada track ini di fokuskan mengencangkan pinggang,bokong,serta pinggul.

hip opener1.Pertama tama dudukan badan anda dengan posisi kaki terlipat satu dan satunya dipanjangkan.Secara perlahan miringkan tubuh ke satu sisi badan dengan posisi tangan yang satu di tarik keatas sedang yang satunya di letakkan membentuk sudut 90 derajat di lantai.
hip hopener






2.Rentangkan kaki anda,tekuk kaki bagian depan ke dalam.Secara perlahan majukan tubuh anda ke depan.Posisi tangan sejajar di samping dengan tubuh anda.Luruskan pandangan ke depan,dan tarik nafas denagn perlahan lahan.









                                      
                                             =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=







0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.