Friday, August 28, 2015

Filled Under: ,

LATIHAN SEDERHANA MENJADI CERDAS




otak cerdasAnda merasa belakangan ini mudah lupa atau jangan jangan merasa diri tidak cerdas? Apa pun jawabanya, anda tak perlu risau, apa lagi minder. Anda bisa kok mengasah daya kecerdasan dengan latihan sederhana yang mampu menjadikan anda pribadi yang cerdas dan cepat sekali tanggap. Bahkan dengan tips berikut, kecerdasan anda meningkat hanya dalam waktu satu minggu syaratnya, anda secara rutin melakukan latihan ini, bahkan menjadikanya gaya hidup atau kebiasaan sehari hari, perhatikan, anda akan takjub akan hasilnya, kinerja otak anda akan cemerlang.

  1. Gunakan tangan yang berbeda saat menyikat gigi atau melakukan kegiatan fisik lainya, meski tampaknya sepele, latihan sederhana ini bisa lo meningkatkan kecerdasan sampai sekitar 40% hanya dalam seminggu. Kegiatan ini akan merangsang sel sel otak kiri dan kanan sama sama aktif.
  2.  Bermainlah suduko (puzzle angka kas Jepang) itu bisa anda lakukan bila menguasai bahasa jepang. Bila tidak, banyak permainan serupa yang kita kenal cukup mengasah otak. Sebut saja, scrabble dan catur.
  3.  Menghitung mundur. Hal ini tentu baru bisa anda latih saat santai sebelum berangkat tidur. Tidak perlu banyak anda ambil angka angka, melainkan cukup dari hitungan 50 terus kedepan. Selain merangsang daya kerja otak, kegiatan ini juga membantu anda terlelap. Coba saja!
  4.  Ikuti kelas yoga atau berlatih body balance yang merupakan perpaduan unsur Tai Chi, pilates dan yoga. Latihan ini dapat membuat kerja otak dan tubuh menjaddi seimbang sehingga stress dan kelelahan bisa dihindari.
  5. Mengambil rute berbeda saat berangkat atau pulang kerja terbukti dapat meningkatkan keterampilan kerja otak. Tentu saja anda harus pandai mengatur waktu dalam hal ini.
  6.  Hindari alkohol dan kopi dalam jumblah berlebihan, kopi menurut penelitian, bagus untuk merangsang kerja syaraf dan menghindari kejang. Namun bila di konsumsi dalam jumblah berlebihan pasti membawa masalah, alkohol harus di coret dari kamus anda, sedang kopi boleh di minum 1atau 2 gelas sehari.
  7.  Atau berlatih berjalan,bersepeda atau alternative lain selama tidak bekerja.Misalnya juga di saat berangkat kerja, anda yang terbiasa membawa kendaraan sendiri, coba naik bus. Dengan demikian anda semakin punya banyak alternatif menolong diri. Jadi tidak melulu tergantung pada mobil pribadi atau taksi.
  8.  Mandi dengan mata terpejam, kegiatan ini untuk menambah kepekaan kulit seiring air mengalir membasahi tubuh.
  9.  Pilih salah satu kata yang tak popular dari kumpulan kata kata di kamus, lalu gunakan dalam setiap percakapan. Selain melatih otak pandai dalam berbahasa, anda juga bisa menambah nilai diri  di mata teman bicara. Menarik, bukan?
  10.  Sertakan ikan dalam setiap menu makan malam anda. Kandungan omega3 dan protein dalam ikan bagus untuk kecerdasan otak. Nah, biasakan ikan slalu tersaji di meja makan, terutama bagi anda yang sedang hamil atau menyusui. Bisa juga anda abaca di.
  11.  Saat bekerja dengan computer, gunakan mouse dengan tangan bergantian. Jika selama ini anda menggunakan mouse dengan tangan kanan cobalah sekali kali dengan tangan kiri.


Sangat sederhana, kan? Anda bisa kreasikan latihan lain yang intinya melatih otak kanan dan kiri  secara seimbang. Dengan latihan yang sederhana, tapi di lakukan terus menerus pasti anda akan memetik hasilnya anda pun makin cerdas hari demi hari.





                                             = SEKIAN DAN TERIMAKASIH =





0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.