Monday, August 31, 2015

Filled Under: , ,

TIPS AGAR TETAP SEHAT DAN SEGAR



Mengantisipasi kondisi lingkungan yang kian buruk kita perlu melakukan beberapa langkah, Selain menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan untuk diri sendiri dan keluarga, juga perlu membentengi diri dengan memerhatikan hal hal berikut.

tubuh sehat

Makanan
Setiap harinya kita membutuhkan sekitar 1kg bahan makanan yang bergizi. Namun hindari sebanyak mungkin makanan yang mengandung penambahan kimia, tidak memasak lebih lama dari pada seharusnya dan makan makanan yang sehat, konsumsi buah buahan dan sayuran yang cukup sebaiknya merupakan bagian dari makanan sehari hari. Sedikitnya 400 gram per hari bisa mencegah sebagian macam penyakit seperti cardiovascular dan kanker tertentu. Pada bayi baru lahir berikan ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa tambahan makanan dan minuman apa pun. Memberikan ASI eksklusif meningkankan kekebalan tubuh dan kesehatan bayi.

Air
Setiap harinya tubuh kita membutuhkan 2liter air bersih. Mengingat kerap terjadi peningkatan suhu, perbanyaklah cairan. Setiap kenaikan suhu udara satu derajat harus diimbangi dengan satu gelas air minum. Sekarang kita juga harus berhati hati terhadap bahan pencemar di air, bahan kimia, logam, kuman dan jamur. Jadi minumlah air yang bersih berdasarkan tes laboratorium.

Udara
Kita membutuhkan 13,5kg atau 10 000 liter udara yang bersih setiap hari. Perbaiki ventilasi di rumah untuk menambah oksigen. Tanam pepohonan di lingkungan sekitar rumah karena tanaman memiliki sistem kekebalan yang disebut phytoncider, yang dapat membunuh kuman dan jamur.
makan sehat
Kuatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi sebagai penjaga tubuh, dan mejauhkan penyakit yang akan menyerang kita. Virus, kuman, jamur dan pathogen ada di sekitar kita. Tubuh kita harus sehat untuk mengusir pengancam yang menyerang kesehatan. Makanan bergizi, olah raga teratur, kecukupan oksigen, membentuk kekebalan tubuh.
Jaga kondisi tubuh dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Misalnya dengan menjaga kebersihan air minum, membersihan debu yang mengendap dan mencuci bersih makanan yang akan di konsumsi. Rajin membersihkan sampah juga sangat membantu menjaga kesehatan.
Bagi pekerja lapangan atau yang kerap keluar rumah untuk beraktivitas, lindungi diri anda dari terik matahari dan debu. Salah satunya dengan menggunakan masker, topi atau payung. Tak melindungi diri dari udara kering dapat menimbulkan penyakit seperti batuk batuk, demam dan infeksi saluran nafas, diare hingga masalah kulit.

Istirahat tidur teratur
Waktu yang di perlukan manusia normal untuk tidur kurang lebih 8jam sehari atau sepertiga hari. Waktu tidur akan bertambah sesuai usia. Bayi, anak kecil, manula, membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari orang dewasa dan anak muda. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan dan energi di dalam tubuh sehingga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai serangan penyakit.



                                                =SEKIAN DAN TERIMA KASIH=



0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.