Tuesday, September 15, 2015

Filled Under: , ,

TERNYATA KEMARAHAN BISA DI SALURKAN SECARA SEHAT




Tahukah anda,kemarahan
Ternyata bisa disalurkan s
Ecara sehat.

marahRasa marah merupakan emosi manusia yang wajar.Namun, jika seseorang mudah sekali marah dan cendrung tak bisa mengontrolnya,sebaiknya ia segera mencari bantuan.
Pasalnya,kemarahan kronis semacam ini bisa berdampak negatif pada hidup.Baik terhadap hubungan dengan orang orang di sekitarnya,kesehatan fisik,maupun kesehatan mental.
Marah tidak selalu bagus tapi juga tak selalu buruk.Artinya wajar saja bila seseorang marah ketika ia merasa di curigai atau disakiti.Yang menjadi masalah adalah apa yang kemudian dilakukan ketika emosi itu dating.
Kemarahan menjadi masalah ketika ia merusak diri atau orang lain.Alias,marah yang tidak pada tempatnya.Maka,kemarahan ini perlu di kelola atau anger management agar emosi yang satu ini tidak merongrong kehidupan anda.
Kemampuan mengelola kemarahan ini membutuhkan waktu,namun dampaknya sangat positif.Anda akan mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain disekitar,mencapai tujuan hidup dan menikmati hidup yang lebih sehat.
Sifat pemarah seringkali berkar pada masa kecil.Misalnya,jika seseorang dari kecil terbiasa melihat orang orang di sekitarnya mudah meluapkan amarah,memukul, atau melempar,maka pikiran yang akan mengisi di benaknya adalah,”oh,jadi begini cara menyelesaikan amarah.

Agar mampu mengekspresikan kemarahan dengan cara yang sehat,kenali lebih dulu perasaan perasaan atau emosi yang anda rasakan.Benarkah anda memang marah?.Atau jangan jangan kemarahan anda hanya sebuah cara untuk menutupi perasaan lain,seperti masa lalu,taka aman,sakit hati,atau tidak berdaya.
Bagaimana bila hampir semua respon yang anda keluarkan adalah amarah?bisa jadi kemarahan hanya untuk menutupi perasaan dan kebutuhan yang sesungguhnya.
Tanpa kemampuan mengenali,mengelola,dan berinteraksi dengan semua emosi yang dimiliki semua manusia,seseorang akan menjadi pribadi yang bingung,terisolasi,peragu serta tak mampu mengespresikan perasaanya.

Tubuh manusia sebetulnya sudah memberikan semacan warning sign.Termasuk ketika kita marah sebab emosi ini adalah salah satu respon fisik tubuh yang normal yang akan menghidupkan system peringatan di dalam tubuh.
Mengenali warning sign bahwa kemarahan akan meledak akan membantu seseorang mengerem amarah tersebut.Beberapa warning sign lain akan kemarahan dari tubuh misalnya lambung berdenyut seperti orang lapar,napas memburu,sakit kepala,sulit berkonsentrasi,jantung berdengut kencang,bahu menegang,daa sebagainya.

marahCermati juga pemicu lain,seperti hobi menyalahkan orang lain,bepandangan sempit,curiga,dan sebagainya.
Memahami pemicu dan penanda tubuh tadi bekerja akan membantu seseorang mengelola kemarahan yang tak perlu.
Coba cek jadwal rutin sehari hari,lalu coba indentivikasi aktifitas,waktu,orang orang yang anda temui,serta tempat atau situasi yang mudah memicu kemarahan,Misalnya,ternyata emosi anda selalu terpicu setiap kali berbicara dengan si x atau emosi anda selalu naik setiap kali terkena macet,dan sebagainya.
Setelah itu cari cara untuk menghindari pemicu pemicu tadi.Jika memang tak bisa menghindari,ubah cara pandang anda terhadap pemicu dan situasi tadi.

Ada banyak cara yang bisa membantu agar tetap tenang dan kemarahan terkontrol,di antara menarik napas dalam dalam, olahraga ,memijat daerah tubuh yang tegang,menghitung angka dari 1-10 secara perlahan,merasakan dan menikmati respon tubuh,dan sebagainya.
Jika anda merasa memang harus marah dan tak lagi bisa di hindari,ekspresikan kemarahan dengan cara yang sehat.
Bila dikomunikasikan dengan baik dan penuh respek,serta di beri saluran yang efektif,kemarahan bisa menjadi sumber energy yang dahsyat dan inspiratif.
Agar bisa marah dengan cara yang sehat,jangan memperbesar masalah,jangan mengungkit ungkit masalalu,dan fokus pada masalah sekarang.
Syarat lain pilih pertempuran alias jangan asal marah untuk hal hal remeh temeh,bersedia memaafkan,dan setuju untuk tidak setuju.
Mestinya, setiap orang bisa mengontrol emosi dan mengekspresikan rasa marah tanpa harus menyakiti orang lain.Jika ini bisa dilakukan,tak hanya perasaan nyaman yang muncul,namun juga perasaan bahwa apa yang di harapkan terpenuhi.







                                               =SEKIAN DAN TERIMAKASIH=       


  




                                                   

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.