Monday, August 24, 2015

Filled Under: ,

TOMAT BUAH PEMBANGKIT GAIRAH



TOMAT BUAH PEMBANGKIT GAIRAH


Tomat atau bahasa latinnya licopersicum esculentum merupakan
Buah yang tak kenal musim.tau kah anda ternyata buah ini pun
Disebut orang sebagai”apel cinta”karena kandungan gizinya
Mampu membangkitkan gairah cinta.
TOMAT BUAH PEMBANGKIT GAIRAH

Awalnya tanaman tomat tumbuh di daerah pegunungan peru, kemudian sampai ke utara Amerika dan mendapat sebutan “TOMAT”oleh suku Indian Aztec. Selanjutnya menyebar ke daratan Eropa dan menyandang nama berbeda beda poda d’moro(Spanyol) podomoro(Itali)dan pomme d’amour atau apel cinta(Prancis).

Kadar gizi tomat umumnya relatif sama,kecuali tomat muda yang berwarna hijau memiliki provitamin A lebih rendah tetapi tinggi proteinya.komposisi unsur gizi tomat matang  terdiri dari energi 20 kalori, protein 1,0 g, lemak0,3 g karbohidrat 4,2 g, kalsium 5 mg, fosfor27 mg, zat besi 0,5 mg, vitamin A1500 sl, vitamin B1 0,06 mg dan vitamin C 40 mg. rutin mengkonsumsi  tomat segar di yakini dapat menurunkan resiko kanker,terutama kanker mulut, tenggorokan, lambung dan usus besar.

Asam malat dan sitrat tomat dapat membersihkan saluran empedu untuk menghindari endapan batu empedu dan menjaga saluran darah ke penis dari timbunan lemak dan gula darah. Selain itu juga meningkatkan nafsu makan, meringankan derita asma,dan sumber antioksidan untuk melumpuhkan radikal bebas perusak sel sel yang membuat kulit kencang dan lembut, menyeimbangkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta melenturkan sel sel saraf jantung yang kaku. Zat tomat dapat menyembuhkan radang pada jerawat, luka ,borok, wasir, usus buntu sampai radang  saluran pernapasan. karena itu sangat di sarankan mengkonsumsi tomat pada masa penyembuhan atau pasca operasi.
TOMAT BUAH PEMBANGKIT GAIRAH

Cara mengkonsumsi tomat bisa di iris atau di potong kecil kecil untuk di campur ke dalam masakan seperti tumis dan semur, juga bisa di parut di ambil air perasannya, dapat juga di awetkan dalam bentuk utuh maupun di buat saus atau pasta, tomat juga dapat dibuat puree yang kental, bisa untuk saus atau sup tomat, anda juga dapat memproses tomat mejnadi jus dengan blender untuk membuat saus dan masakan tertentu.



Penting
Tomat jangan di goreng, karena  pigmen likopen yang terkandung di dalamnya akan larut dalam lemak sehingga sulit di serap tubuh. Sebelum di olah menjadi sambal atau jus rebus atau kukus tomat terlebih dulu, tujuanya agar kadar likopen meningkat dan warnanya lebih merah.Tomat juga dapat di buat masker untuk mengencangkan dan melembutkan kulit.





                                                  =SEKIAN DAN TERIMA KASIH=








0 komentar:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.