Thursday, April 14, 2016

Filled Under: , ,

Penyebab Bayi Dengan Lahir Cacat


Bayi dengan cacat lahir adalah masalah yang terjadi ketika bayi berkembang dalam rahim. Sekitar 1 dari setiap 33 bayi lahir dengan cacat lahir.

bayi cacatCacat lahir bisa ringan atau berat. Mereka dapat mempengaruhi penampilan, fungsi organ, atau pengembangan fisik atau mental. Kebanyakan cacat lahir yang hadir dalam tiga bulan pertama kehamilan, ketika organ masih membentuk. Beberapa cacat lahir tidak berbahaya, sementara yang lainnya memerlukan perawatan medis jangka panjang. cacat lahir parah adalah penyebab utama kematian bayi, akuntansi untuk 20 persen kematian.

Apa Penyebab bayi Dengan Cacat Lahir?
Cacat lahir dapat menjadi hasil dari genetika, pilihan gaya hidup dan perilaku, paparan obat-obatan tertentu dan bahan kimia, infeksi selama kehamilan, atau kombinasi dari faktor-faktor ini. Namun, penyebab pasti dari cacat lahir tertentu sering tidak diketahui.

Genetika
Ibu atau ayah dapat menjadi penyebab kelainan genetik pada bayi mereka. Kelainan genetik terjadi ketika gen menjadi cacat karena mutasi (perubahan). Dalam beberapa kasus, gen atau bagian dari gen mungkin hilang. Cacat ini terjadi pada saat pembuahan (fertilisasi) dan sering tidak dapat dicegah. Sebuah cacat tertentu dapat hadir sepanjang sejarah keluarga dari salah satu atau kedua orang tua.

Penyebab Nongenetik
Penyebab beberapa cacat lahir sering bisa sulit atau tidak mungkin untuk mengidentifikasi. Namun, perilaku tertentu sangat meningkatkan risiko cacat lahir. Ini termasuk merokok, menggunakan obat-obatan terlarang, dan minum alkohol saat hamil. Faktor-faktor lain, seperti paparan bahan kimia beracun atau virus, juga meningkatkan risiko.

Apakah Faktor Risiko Cacat Lahir?
Faktor risiko
Semua wanita hamil memiliki beberapa risiko melahirkan anak dengan cacat lahir. risiko meningkat di bawah salah satu kondisi berikut:

Riwayat keluarga cacat lahir atau kelainan genetik lainnya
Penggunaan narkoba, konsumsi alkohol, atau merokok selama kehamilan
Ibu lanjut usia dari 35 tahun atau lebih tua
Perawatan prenatal yang tidak memadai
Infeksi virus atau bakteri yang tidak diobati, termasuk infeksi menular seksual
Penggunaan obat berisiko tinggi tertentu seperti isotretinoin dan lithium
Wanita dengan kondisi medis yang sudah ada, seperti diabetes, juga pada risiko yang lebih tinggi untuk memiliki anak dengan cacat lahir.

Cacat Lahir umum
 Tipe 1
Ada lebih dari 4.000 jenis cacat lahir yang dikenal. Mereka biasanya diklasifikasikan sebagai struktural atau fungsional / perkembangan. cacat struktural adalah ketika bagian tubuh tertentu yang hilang atau rusak. Cacat struktural yang paling umum adalah:

Cacat jantung
Bibir sumbing atau langit-langit (ketika ada pembukaan atau perpecahan di bibir atau langit-langit mulut)
Spina bifida (ketika sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik)
Kaki pengkor (saat poin kaki ke dalam, bukan ke depan)
cacat lahir fungsional atau perkembangan menyebabkan bagian tubuh atau sistem tidak bekerja dengan baik. Ini sering menyebabkan cacat kecerdasan atau pengembangan. cacat lahir fungsional atau perkembangan meliputi cacat metabolik, masalah sensorik, dan masalah sistem saraf. cacat metabolik menyebabkan masalah dengan kimia tubuh bayi.
Jenis yang paling umum dari cacat lahir fungsional atau perkembangan meliputi:

Sindrom Down (menyebabkan keterlambatan perkembangan fisik dan mental)
Penyakit sel sabit (ketika sel-sel darah merah menjadi cacat)
Cystic fibrosis (kerusakan paru-paru dan sistem pencernaan)

Beberapa anak mengalami masalah fisik yang terkait dengan cacat lahir tertentu. Namun, banyak anak-anak tidak menunjukkan kelainan yang terlihat. Cacat kadang-kadang bisa tidak terdeteksi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah anak lahir.

Apakah Cacat Lahir Didiagnosis?
Banyak cacat lahir dapat didiagnosis selama kehamilan, tergantung pada jenis tertentu dari cacat lahir. ultrasound prenatal dapat digunakan untuk mendiagnosa cacat lahir tertentu di dalam rahim. Lebih mendalam pilihan skrining, seperti tes darah dan amniocentesis (mengambil sampel cairan ketuban), juga dapat dilakukan. Tes ini biasanya ditawarkan untuk wanita yang memiliki kehamilan berisiko tinggi karena riwayat keluarga, usia ibu lanjut, atau faktor lain yang dikenal.

Tes prenatal dapat membantu menentukan apakah ibu memiliki infeksi atau kondisi lain yang berbahaya bagi bayi. Pemeriksaan dan pendengaran tes fisik juga dapat digunakan untuk mendiagnosa cacat lahir setelah bayi lahir. Sebuah tes darah yang disebut layar baru lahir dapat membantu mendiagnosa beberapa cacat lahir tak lama setelah lahir, sebelum gejala terjadi.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa skrining prenatal tidak selalu menemukan cacat ketika mereka hadir. Sebuah tes skrining juga dapat palsu mengidentifikasi cacat. Sebagian besar cacat lahir dapat didiagnosis dengan pasti setelah lahir.

Apakah Cacat Lahir Bisa Diobati?
Pilihan pengobatan bervariasi tergantung pada kondisi dan tingkat keparahan. Beberapa cacat lahir dapat diperbaiki sebelum atau segera setelah lahir. cacat lainnya, bagaimanapun, dapat mempengaruhi seorang anak untuk sisa hidup mereka. cacat lahir parah, seperti cerebral palsy atau spina bifida, dapat menyebabkan cacat jangka panjang atau kematian. cacat ringan bisa stres, tetapi mereka tidak biasanya mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Berbicara dengan dokter Anda tentang perawatan yang tepat untuk kondisi anak Anda.

obat
Obat dapat digunakan untuk mengobati beberapa cacat lahir atau untuk menurunkan risiko komplikasi dari cacat tertentu. Dalam beberapa kasus, obat dapat diresepkan untuk ibu untuk membantu memperbaiki kelainan sebelum kelahiran.

operasi
Pembedahan dapat dilakukan untuk memperbaiki cacat tertentu atau meringankan gejala berbahaya. Beberapa orang dengan cacat lahir fisik, seperti bibir sumbing, mungkin menjalani operasi plastik untuk baik kesehatan atau manfaat kosmetik. Banyak bayi dengan cacat jantung akan memerlukan pembedahan.

Perawatan rumah
Orang tua mungkin diminta untuk mengikuti petunjuk khusus untuk makan, mandi, dan pemantauan bayi dengan cacat lahir.

Bagaimana Bisa Cacat Lahir Dicegah?
Banyak cacat lahir tidak dapat dicegah, tetapi ada beberapa cara untuk menurunkan risiko memiliki bayi dengan cacat lahir. Wanita yang berencana untuk hamil harus mulai mengambil suplemen asam folat sebelum pembuahan. suplemen ini juga harus diambil selama kehamilan. Asam folat dapat membantu mencegah cacat tulang belakang dan otak. vitamin prenatal juga dianjurkan selama kehamilan.

Wanita harus menghindari alkohol, obat-obatan, dan tembakau selama dan setelah kehamilan. Mereka juga harus berhati-hati saat mengambil obat tertentu dan mendapatkan vaksinasi. Beberapa obat dan vaksin yang biasanya aman dapat menyebabkan cacat lahir yang serius ketika diambil oleh wanita hamil. Pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang obat (termasuk over-the-counter obat-obatan dan suplemen) Anda dapat mengambil. Anda juga harus meminta mereka yang vaksin yang diperlukan dan aman.

Menjaga berat badan yang sehat juga membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Wanita dengan kondisi yang sudah ada, seperti diabetes, harus berhati-hati untuk mengelola kesehatan mereka.

Ini sangat penting untuk menghadiri janji kehamilan secara rutin. skrining prenatal tambahan dapat dilakukan untuk mengidentifikasi cacat jika kehamilan Anda dianggap berisiko tinggi. Tergantung pada jenis cacat, itu mungkin dapat diobati sebelum bayi lahir.

Konseling genetik
Seorang konselor genetik dapat menyarankan pasangan dengan sejarah keluarga atau faktor risiko lainnya untuk cacat lahir. Seorang konselor dapat membantu ketika Anda berpikir tentang memiliki anak-anak atau sudah mengharapkan. konselor genetik dapat menjdi penyebab kemungkinan bahwa bayi Anda akan lahir dengan cacat dengan mengevaluasi riwayat keluarga dan catatan medis. Mereka juga dapat memerintahkan tes untuk menganalisis gen dari ibu, ayah, dan bayi.

2 komentar:

  1. Ngeri liat fotonya. Agak diblur dikit Napa bro? Tapi mantap artikelnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar gitu ja bro fotonya,biar yang lagi halim bisa lebih ketat menjaga bayinya. Trimakasih pujianya bro. Slm kenal.

      Delete

terima kasih telah berkunjung di blog ini,berkomentarlah dengan sopan.